ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN DASAR

  • Ana Nur Aida Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru, Pendidikan Dasar

Abstract

ABSTRACT

The development of science and technology demands adaptation from various elements of education to encourage curriculum renewal. The Merdeka Curriculum is a renewed curriculum based on technological advances and reduced learning loss due to the Covid-19 pandemic. Welcoming the new curriculum, teacher readiness is needed so that learning can be delivered optimally. This study aims to determine the readiness of teachers in implementing the Merdeka Curriculum, especially at the basic education level. This article uses a qualitative method with a type of literature study. Data collection techniques by collecting various sources both from books, journals, and others related to the concept of discussion.

 

ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adaptasi dari berbagai elemen pendidikan hingga mendorong pembaharuan kurikulum. Kurikulum Merdeka merupakan suatu kurikulum hasil pembaharuan yang dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dan mengurangi learning loss akibat pandemic Covid-19. Menyongsong kurikulum baru, kesiapan guru dibutuhkan agar pembelajaran dapat tersampaikan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan berbagai sumber baik dari buku, jurnal, dan lainnya yang berkaitan dengan konsep bahasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12).

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (n.d.). SEMINAR NASIONAL STATISTIKA X (2021) Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Kontruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 2442–2355.

Gunawan, A. (2022). Implementasi dan Kesiapan Guru IPS Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. KOMPLEKSITAS: Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 20–24.

Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1722

Juwita, A., Widia Sari, K., Anggraini Jayanti, S., Dari, W., & Widayati, S. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya untuk Menghindari Learning Loss di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 39–45.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Mengenal Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/11339210155161-Mengenal-Capaian-Pembelajaran-CP-Tujuan-Pembelajaran-TP-dan-Alur-Tujuan-Pembelajaran-ATP-

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Persiapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menuju Sekolah Berkualitas. Direktorat Sekolah Dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/persiapkan-asesmen-kompetensi-minimum-akm-menuju-sekolah-berkualitas

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Untuk Peserta Didik Tahun 2022. Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/jadwal-

pelaksanaan-asesmen-nasional-untuk-peserta-didik-tahun-2022

Nisak, A., & Yuliastuti, R. (2022). Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2), 2684–6810. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 228–236.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmawati, R. F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 1–10.

Risdiany, H., & Herlambang, Y. T. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 817–823. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434

Susilowati, E., Uin, P., & Jambi, S. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, & Jusrianto. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS), 2(2), 1–8. https://doi.org/10.30605/ipmas.2.2.2022.228

PlumX Metrics

Published
2023-10-14