PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD

  • mohammad raafif william sufa uin malang
Keywords: Media; PowerPoint interaktif; Motivasi

Abstract

ABSTRACT

Learning motivation is a form of mental energy for a person to move to carry out activities that can change behavior. In reality, students are less passionate about their learning process in the classroom. This is marked by the response that is less focused in carrying out the learning process, especially in thematic learning theme 7 subtheme 4 Development of Transportation Technology in the material looking for the main idea of the paragraph and determining the perimeter of the flat building using standard units that are still considered abstract. This problem makes researchers think of finding solutions in the form of using interactive media in the form of interactive PowerPoint in the learning process. Interactive PowerPoint is one form of interactive multimedia innovation that allows users to interact with media directly. The type of research used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The test subjects in this study were grade 3 elementary school students totaling 23 children. Data collection techniques carried out in the form of observation, interviews, questionnaires and documentation. The data obtained are analyzed descriptively. The results of the study obtained the results of an interactive PowerPoint product with a percentage of media feasibility of 80%. In addition, the element of material validity received a score of 77.9% with valid criteria. The effectiveness of learning media in its use in the classroom received a valid predicate with a total gain of 80%. From several validation processes, it produced interesting interactive PowerPoint media with a score of 85%. Based on observational data in field trials, it shows that students become more focused on the learning process and the classroom situation is more conducive. The state of student learning motivation is known to get a score of 82.5% with a very good predicate.

ABSTRAK

Motivasi belajar adalah suatu bentuk energi jiwa seseorang untuk bergerak melakukan kegiatan yang dapat merubah tingkah laku. Dalam kenyataannya yang terjadi siswa kurang bergairah terhadap proses belajarnya didalam kelas. Demikian ditandai dengan responnya yang kurang fokus dalam melakukan proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi pada materi mencari ide pokok paragraf dan menentukan keliling bangun datar menggunakan satuan baku yang masih dianggap abstrak. Permasalahan tersebut membuat peneliti berpikir mencari solusi berupa penggunaan media interaktif berupa PowerPoint interaktif dalam proses pembelajaran. PowerPoint interaktif adalah salah satu bentuk inovasi multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan media secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas 3 yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperoleh hasil sebuah produk PowerPoint interaktif dengan presentase kelayakan media sebesar 80%. Selain itu unsur validitas materi mendapatkan perolehan skor sebesar 77,9% dengan kriteria valid. Keefektifan media pembelajaran dalam penggunaanya didalam kelas mendapatkan predikat valid dengan total perolehan sebesar 80%. Dari beberapa proses validasi tersebut menghasilkan media PowerPoint interaktif yang menarik dengan skor perolehan 85%. Berdasarkan data observasi pada ujicoba lapangan, menunjukkan siswa menjadi lebih fokus dengan proses pembelajaran serta keadaan kelas lebih kondusif. Keadaan motivasi belajar siswa diketahui mendapatkan skor 82,5% dengan predikat sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achlikul Zahwa, F., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19, 1.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Aspi Muhammad, & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Budiawan, H. (2019). Desain Media Interaktif Kopetensi Keahlian : Multimedia. Gramedia Widiasarana indonesia.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021).

Seminar Nasional Statistika X ( 2021) Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Denim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Djuwita, W. (2020). Parenting, Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Bingkai Pendidikan Karakter dan Nilai Profetik Islam (M. Mareta (ed.)). Sanabil.

Fadilla, A. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Astar Kediri.

Gunawan, I. G. D., Pranata, Pramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193.

Husein Batubara, H. (2022). Media Pembelajaran Praktis. CV Graha Edu.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.

Kustyamegasari, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 582–589.

Luh, N., Sintia Dewi, P., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.

Mawaddah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 174–185.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah, 6, 77–96.

Nella, A., & dkk. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. In dkk Mardati Asih (Ed.), Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UAD Press.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.)). CV Jejak, Anggota IKAPI.

Nusa, P. (2015). Resarch & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Ar-Ruzz Media.

Purba. (2020). Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54.

Ratumanan, & I, R. (2018). Perencanaan Pembelajaran. PT Raja Grafindo.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadrahah, 17(33), 81–95.

Rusman, Deni, K., & Cepi, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. PT RajaGrafindo Persada.

Saidah. (2018). Pegembangan Media Pembelajaran Autoplay Tema Keberagaman Budaya Bangsa Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Plus Al-Kautsar Blimbing-Malang.

Sanaky, H. A. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Kaukaba.

Sardiman, A. . (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 417–422.

Supardi, A. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmu Penddikan Dasar, 1–25.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).

Trimansyah. (2021). Kecenderungan Media Pembelajaran Interaktif. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan.

Urwatul Wutsqa, A., Pendidikan Islam, K., & Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Juni 2021 |, 1(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Wati, & Rima, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas(PTK) Research and Development (R&D). Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Group.

PlumX Metrics

Published
2023-10-14