PENGARUH BIMBINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN METODE AL-WASHILAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN SISWA DI MIN 4 JOMBANG

  • Isma Mulia Alifiana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Metode Al-Washilah, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an., Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an

Abstract

ABSTRACT

The most basic problem in the process of reading and writing guidance of the Qur'an, especially madrasas located in Islamic boarding schools, is how to teach students to be able to place the rights to read the Koran properly, as taught by the Prophet. SAW. In addition to learning how to read the Koran, they also learn how to write verses of the Koran properly and correctly. Because, a Muslim is encouraged to continue studying the Qur'an as a provision and guide in living his life. The researcher plans to analyze how much influence the reading and writing of the Qur'an has on the al-washilah method on students' ability to read and write the Koran at MIN 4 Jombang. This study uses a type of quantitative research, with data collection techniques using questionnaires, tests, and documentation, data analysis techniques: test validity, reliability, normality, homogeneity, linearity, simple linear regression and manova. The sample of this study was grade 6 students whose Al-Qur'an reading and writing guidance was at level 4 with a total of 25 students. The data analysis carried out gave the following results:1) Al-Qur'an reading and writing guidance with the al-washilah method has a significant effect on students' reading ability on the Koran at MIN 4 Jombang, 2) Al-Qur'an reading and writing guidance with the al-washilah method has a significant effect on al-writing ability -Qur'an for students at MIN 4 Jombang, and 3) Guidance on reading and writing the Qur'an using the al-washilah method has a significant effect on students' ability to read and write al-Qur'an at MIN 4 Jombang.

Keywords: Al-Qur'an Reading and Writing Guidance, Al-Washilah Method, Ability to Read and Write Al-Qur'an.

ABSTRAK

Permasalahan yang paling mendasar dalam proses bimbingan baca tulis al-Qur’an khususnya madrasah yang berada di lingkungan pondok pesantren adalah bagaimana semestinya mengajarkan kepada siswa untuk bisa menempatkan hak-hak bacaan al-Qur’an dengan sebagaimana mestinya, seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain belajar cara membaca al-Qur’an juga belajar bagaimana tata cara penulisan ayat al-Qur’an dengan baik dan benar. Karena, seorang muslim dianjurkan untuk terus mempelajari al-Qur’an sebagai bekal dan pedoman dalam menjalani kehidupannya. Peneliti berencana menganalisis seberapa besar pengaruh bimbingan baca tulis al- Qur’an metode al-washilah terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa di MIN 4 Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, regresi linear sederhana dan manova. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 6 yang bimbingan baca tulis al-Qur’annya berada dilevel 4 dengan jumlah 25 siswa. Analisis data yang dilakukan memberikan hasil: 1) Bimbingan baca tulis al-Qur’an metode al-washilah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 4 Jombang, 2) Bimbingan baca tulis al-Qur’an metode al-washilah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis al-Qur’an siswa di MIN 4 Jombang, dan 3) Bimbingan baca tulis al-Qur’an metode al-washilah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa di MIN 4 Jombang.

Kata Kunci: Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Al-Washilah, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Humam, A. (2005). Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Tim Tadarus AMM.

Latifah. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas II MI Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mudzoffar, M. A. (2021). Cepat Membaca Al-Qur’an. Njoso Press.

Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist di MTS Al- Muasyarah Bogor. Mitra Pendidikan, 5(3).

Prayitno. (2007). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Ghalia Indonesia.

Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Pendidikan Islam, 11(1).

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak Membaca, Menulis, Mencintai Al-Qur’an. Gema Insani.

PlumX Metrics

Published
2023-10-14