a IMPLEMENTASI DOA SETELAH SALAT DUHA UNTUK MEMBENTUK MORAL SISWA KELAS IV DI MI KH HASYIM ASY’ARI KOTA MALANG

  • Anis Latifah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Fitratul Uyun .M.Pd
Keywords: implementasi, salat duha, moral siswa

Abstract

Moral is everything related to actions and prohibitions that talk about things that are right and wrong. Instilling moral values needs to be instilled in children from an early age, because early age is a good time to develop children’s moral intelligence. Not only with habituation activities, but moral values need to be known, understood, and implemented properly.This study aims to find out how the Implementation of Prayer After Duha Prayer To Form Student Morale at MI KH Hasyim Asy’ari Malang City with research subject being grade IV students. This study used a qualitative approach. Data collection is done by observation, interviews, and documentation. Researchers analyzed the data using data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results of this study are in accordance with the components of good character according to Tohomas Lickona, namely: (1) The moral knowledge of MI KH Hasyim Asy’ari students regarding the Duha prayer and the prayer afterwards is obtained from the Duha prayer habituation program which is carried out every day and alternately starting from grades 1 to grade 6 in congregation, student’s moral knowledge reaches the stage of moral awareness, knowledge of moral values, and perspective determination (2) Students understanding of prayer after Duha prayer begins to be introduced in class IV Fiqh subject in Chapter 5 semester II, students moral feelings reach the stage conscience, self-esteem, an empathy. (3) The implementation of prayer after Duha prayer to shape the morale of students in grade IV has reached the stage of competence, desire, and has become a habit.

 

ABSTRAK

Moral yaitu segala hal yang berhubungan dengan tindakan dan larangan yang membicarakan mengenai hal yang benar dan salah. Penanaman nilai moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, sebab usia dini merupakan saat yang baik untuk mengembangkan kecerdasan moral anak. Tidak hanya dengan kegiatan pembiasaan saja, namun nilai moral perlu diketahui, dipahami, serta di implementasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Doa Setelah Salat Duha Untuk Membentuk Moral Siswa di MI KH Hasyim Asy’ari Kota Malang dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini sesuai dengan komponen karakter yang baik menurut Thomas Lickona yaitu: (1) Pengetahuan moral siswa MI KH Hasyim Asy’ari mengenai salat duha serta doa setelahnya didapatkan dari program pembiasaan salat duha yang dilaksanakan setiap hari dan bergantian mulai dari kelas 1 s.d kelas 6 secara berjamaah, pengetahuan moral siswa sampai pada tahap kesadaran moral, pengetahuan nilai moral, serta penentuan perspektif (2) Pemahaman siswa terhadap doa setelah salat duha mulai dikenalkan pada saat kelas IV dalam mata pelajaran Fikih pada Bab 5 semester II, perasaan moral siswa sampai pada tahap hati nurani, harga diri, dan empati (3) Implementasi doa setelah salat duha untuk membentuk moral siswa pada kelas IV sudah sampai pada tahap kompetensi, keinginan, serta menjadi sebuah kebiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, I. (2019). Pengertian Implementasi dan PendapaT Ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16–36.

Annisa Nidaur Rohmah. (2020). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggara Pendidikan. Ibtida’, 1(2), 151–170. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.138

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Efendy, F. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona. 22–60.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farmawaty, W. (2021). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER KARYA THOMAS LICKONA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS.

Firdaus, A. (2020). Anggun Firdaus-210616225-Pgmi.

Hastjarjo, D. (2015). Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness). Jurnal Buletin Psikologi, 13(2), 79–90.

Indonesia, W. B. (2022). Arti kata moral - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.

Kandiri, K., & Mahmudi, M. (2018). Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah. Edupedia, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.316

Lickona, Thomas. Wamaungo, J. A. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter - Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab.

Lickona, T. (1992). Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility.

M Khalilurrahman Almafhani. (2020). Berkah Shalat Dhuha. In Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.195

Mahadir, M. S. (2019). Bolehkah salat duha berjamaah. 1–34.

Mambang, S.Kom., M. K. (2022). Pengetahuan.

Maryam, S. (2018). Shalat Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali (Kajian Sufistik). Al-Fikrah, 1(2), 106–113.

Nuraeni, S., & Jaelani, A. (2020). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Disiplin Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Indonesia Journal Of Elementary Education, Vol 2(1), 1–17.

Ramadhan, Y. L. (2022). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Religius Dalam Buku Educating for Character). 1–71.

Rizal, A. S. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, 12(1), 1–18.

http://jurnal.upi.edu/file/01_Landasan_Filosofis_Pendidikan_Islam_-_Rizal.pdf

Surur, M. (2010). Dosen STAI Al-Rasyid Lontar Surabaya. Jurnal Fikroh, 4(2), 126–136.

Susilawati, W. O., Novitasari, A., Prananda, G., Apreasta, L., & . A. (2020). Pengaruh Pemahaman Hak Asasi Manusia (Ham) Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Orang Lain Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn Fkip Uad. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 91. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15474

UUD RI No. 20 th 2003. (2003). Presiden republik indonesia. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, 1, 1–5.

https://www.google.com/urlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

PlumX Metrics

Published
2023-11-03