PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI SDN MERJOSARI 4 KOTA MALANG

  • Ajeng Dwi Nur Aini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Macromedia Flash; Hasil Belajar; IPAS

Abstract

ABSTRACT

One of the objectives of carrying out the learning process is to obtain good learning outcomes. Good learning outcomes can be supported by the existence of good learning media and in accordance with the needs of students. This study aims to develop learning media based on Macromedia Flash for IPAS subject in class IV, find out the attractiveness of this media for students, and improve student learning outcomes in science subjects using this media. This research uses Research and Development (R&D) with Borg & Gall model. The research subjects were fourth grade students at SDN Merjosari 4 Malang City. The material presented in the media is material on the history of the kingdoms in Indonesia on the subject of IPAS. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, questionnaires, and tests. Data analysis techniques were carried out by analyzing quantitative, qualitative, and T-test data. The results of the study show that the developed learning media obtained validation of 93.3% in terms of material, 90.6% in terms of media design, and 92% in terms of learning. The attractiveness of learning media has very interesting qualifications. In the small group trial, the attractiveness of the media was 85.3%, and in the large group trial, it was 82.5%. Student learning outcomes also increased from an average pre-test score of 48.7 to 75.9 for an average post-test score. In the T-test analysis, the probability value of this study is 0.000 < 0.05, so Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that the developed Macromedia Flash-based learning media can improve the learning outcomes of IPAS subject for fourth grade students at SDN Merjosari 4 Malang City.

 

ABSTRAK

Salah satu tujuan dari dilaksanakannya proses pembelajaran ialah untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Hasil belajar yang baik bisa didukung dari adanya media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada mata pelajaran IPAS kelas IV, mengetahui kemenarikan media tersebut bagi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang. Materi yang disajikan dalam media ialah materi sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif, kualitatif, dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan validasi sebesar 93,3% dari segi materi, 90,6% dari segi desain media, dan 92% dari segi pembelajaran. Kemenarikan media pembelajaran mencapai kualifikasi sangat menarik. Pada uji coba kelompok kecil kemenarikan media sebesar 85,3% dan pada uji coba kelompok besar sebesar 82,5%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 48,7 menjadi 75,9 untuk rata-rata nilai post-test. Pada analisis uji-T, nilai probabilitas penelitian ini yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang dikembangkan bisa meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Merjosari 4 Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (2nd ed.). Gava Media.

Dhani, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Menggunakan Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Sunan Giri Kota Malang [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Handayani, H., Putra, F. G., & Yetri, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Iptek Terapan, 10(2). https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Maghfiroh, W. (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) Terhadap Dunia Pendidikan. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3, 241–254.

Maulana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Materi Keragaman Agama di Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al Maarif 12 Ardimulyo [Skripsi]. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Milawati. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.; 1st ed.). Tahta Media Group.

Nulinnaja, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Macromedia Flash 8 di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang [Tesis]. Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran (1st ed.). Kencana.

Wahyuningsih, A. (2015). Pengembangan Media E-Learning Menggunakan Edmodo pada Materi Sistem Moneter untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember [Skripsi]. Universitas Jember.

Yulia, D. (2016). Pengaruh penggunaan media interaktif dan motivasi terhadap hasil belajar sejarah siswa sma negeri i gunung talang. Jurnal Dimensi, 2(2).

PlumX Metrics

Published
2023-10-11