PENGEMBANGAN MEDIA DOMATH (DOMINO MATHEMATIC) PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 1 LANDUNGSARI

  • Annas Arofatun Nahri UIN Malang
Keywords: Pengembangan Media; DOMATH; Pecahan

Abstract

Conceptual understanding is the main focus that must be considered in learning the independent curriculum in elementary schools. Mathematics is a subject that requires an understanding of concepts to learn it. Understanding of mathematical concepts requires media that makes it easier for students to understand it. This study aimed to develop valid, and interesting DOMATH (Domino Mathematic) of fraction material. The type of research used is RnD (Research and Development) using the ADDIE model. The subjects of this study were 27 grade IV students of State Primary School 1 Landungsari. The instruments used were validation sheets, pre-test and post-test, and student response questionnaires. The analysis technique used is a quantitative analysis and qualitative analysis.The study results show that: (1) DOMATH media consists of three components, namely: domino cards, game instructions, and manuals developed using the ADDIE model and validated by two expert validators and one practitioner validator. The results of the material validation assessment were 77%, the media validation assessment was 91%, and the assessment of learning practitioners was 95%. (2) The increase in students' understanding is based on the pre-test and post-test results, with the normality test results gaining an increase in conceptual understanding of 0.5 in the medium category. (3) The results of the media attractiveness assessment were taken based on the student response questionnaire instrument, namely 1.374, with a percentage of 84.8%. It can be concluded that the development of DOMATH media can be declared valid and enjoyable to use in learning fractions material for IV-grade students of State Primary School 1 Landungsari.

 

ABSTRAK

Pemahaman konsep merupakan fokus utama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah dasar. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan adanya pemahaman konsep untuk mempelajarinya. Pemahaman konsep matematika membutuhkan adanya media yang memudahkan siswa dalam memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media DOMATH (Domino Mathematic) yang valid dan menarik pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini yaitu 27 siswa kelas IV SD Negeri 1 Landungsari. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, pre-test dan post-test, angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Penelitian ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media DOMATH terdiri dari tiga komponen yaitu: kartu domino, petunjuk permaianan, serta buku pedoman yang dikembangkan menggunakan model ADDIE dan telah divalidasi oleh dua validator ahli dan satu validator praktisi. Hasil penilaian validasi materi sebesar 77%, penilaian validasi media sebesar 91%, penilaian praktisi pembelajaran sebesar 95%. (2) Hasil penilaian kemenarikan media diambil berdasarkan instrumen angket respon siswa yaitu sebesar 1.374 dengan presentase 84,8%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media DOMATH dapat dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 1 Landungsari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlan, D. (2018). Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5964

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 138.

Hamdani, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Putaka Setia.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2023-10-11