PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS 5 SDN BARENG 3 MALANG

  • Fajrin Nahdan Umami UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Keywords: Student Worksheets (LKPD), Guided Inquiry, and Science Process Skills

Abstract

ABSTRACT

This research aimed to develop a product in the form of guided inquiry-based Student Worksheets (LKPD) to train students’ science process skills on heat transfer material. This study was categorized as a type of research development or Research and Development (R&D). The data analysis technique in this study was based on validation analysis of Student Worksheets (LKPD). The data validation result in the form of scoring on guided inquiry-based worksheets were to improve the developed science process skills. Overall, the average score of the research result based on the assessment of the three validators obtained an average percentage of 97,7% with very feasible criteria to use. The Student  Worksheets (LKPD) could be claimed to be feasible or not by using the Likert scale formula with the percentage of Student Worksheets (LKPD) eligibility. The conclusion from this study was that guided inquiry-based Student Worksheets (LKPD) were appropriate for training students’ science process skills.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains
siswa pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik analisis data pada penelitian
ini berdasarkan analisis validasi LKPD. Data hasil validasi berupa penskoran terhadap
LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang
dikembangkan. Secara keseluruhan, skor rata-rata hasil penelitian berdasarkan penilaian
dari tiga validator diperoleh rata-rata persentase sebesar 97,7% dengan kriteria sangat
layak digunakan. LKPD dapat dikatakan layak atau tidaknya dapat dilihat menggunakan
rumus skala likert dengan persentase kelayakan LKPD. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak untuk melatihkan keterampilan proses
sains siswa

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. N. (2016). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keteramplan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Procceding Biology Education Conference, 13.

Azizah, N., Rahayu, Y. S., Susantini, E., Surabaya, U. N., Proses, K., Siswa, S., Konsep, A., & Zat, T. (2021). Proses Sains Siswa Pada Materi Aplikasi Konsep Tekanan Zat Dalam Kehidupan Sehari-Hari. 9(4), 277–282.

Fauziyah, R. R. (2020). Oleh: Ria Resti Fauziyah NIM. 16140132.

Fetro, D. S. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Smp Kelas VII. Padang: Universitas Negeri Padang.

Fitriyati, I. (2016). Penerapan Strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP. JPPIPA UNESA.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar / Oemar Hamalik. Bumi Aksara.

Hastuti, P. W. (2013). Integrative Science Untuk Mewujudkan 21st Century Skill Dalam Pembelajaran IPA SMP.

Hijjah, N., & Bahri, S. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. 01, 24–32.

Joyce. (2017). Model Of Teaching: Model-Model Pengajaran. Pustaka Belajar.

Mar’atussolikhah. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Hukum Bacaan Idghom. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(1), 1–64.

Nawfa, K. U., Budijastuti, W., & Purnomo, T. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 4(4), 6353–6365. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3696

Nurhadi and Gerrad Senduk Agus. (2003). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK/ Nurhadi, Agus Gerradi Senduk (p. 124). Malang : Universitas Negeri Malang Press, 2003.

Patta, B. (2006). Penilaian keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah:Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Depdiknas.

Permendikbud. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum No. 70. Indonesia.

Rahayuningsih, D. I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Sains, K. P. (2022). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN. 135–144.

Wardani, D. S. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Multiple Intelligences dan Berorientasi Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya.

Wedyawati, Nelly, L. Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish.

Wulandari, D. R., & Ismono. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses SAINS Pada Materi Termokimia Kelas XI SMAN 2 Kota Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Education, 8(2), 57–62.

Zubaidah, S. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Guru. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

PlumX Metrics

Published
2023-10-11