PENGEMBANGAN APP NUSANTARA BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV MI ASSALAM KOTA BATU

  • Muhammad Nur Kholilul Firdaus UIN Malang
Keywords: Pengembangan, Value Clarification Technique, Media Pembelajaran, APP Nusantara, Keberagaman Di Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian pengembangan ini antara lain untuk menjelaskan prosedur pengembangan media, mengetahui tingkat kevalidan media, dan kemenarikan media sehingga diharapkan dapat membantu proses belajar siswa kelas IV MI Assalam Kota Batu dalam memahami materi keberagaman di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate) yang diadaptasi oleh Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas IV MI Assalam Kota Batu. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.  Hasil dari penelitian ini adalah berupa produk media pembelajaran berbasis Value Clarification Technique (VCT) yang diberi nama “App Nusantara”. Adapun hasil validasi produk media memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai dari validator ahli media sebesar 92% dan nilai dari validator ahli materi sebesar 86%. Selain itu, media “App Nusantara” juga dikategorikan sebagai media yang sangat menarik berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Value Clarification Technique (VCT) “App Nusantara” berisikan materi keberagaman di Indonesia ini sangat valid atau layak dan sangat menarik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran PPKn di Kelas IV MI Assalam Kota Batu.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3610
Aditya, P. T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB PADA MATERI LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Agus, S. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Keilmuan Riau.
Agustin, N., & Hamid, S. I. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT TERHADAP PENALARAN MORAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN.
Amir, A. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBARDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 2.
Anggita, I. S., & Suryadilaga, M. A. (n.d.). Mengajarkan Rasa Toleransi Beragama pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Hadis.
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Dewantoro, A., & Sartono, K. E. (2019). The influence of value clarification technique (VCT) learning model on homeland attitude at elementary school. ScienceRise: Pedagogical Education, 32(5), 23–31. https://doi.org/10.15587/2519-4984.2019.177106
Ermawati, E., Sofiarini, A., & Valen, A. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3541–3550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).
Fahyuni, E. F., & Bandono, A. (2017). The use of value clarification technique-based- picture story media as an alternative media to value education in primary school. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 17(1), 68–74. https://doi.org/10.15294/harmonia.v17i1.7469
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 134. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862
Fitriani, V., & Sundawa, D. (2016). PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 25(1), 41. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3669
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH.
Hasan, N., & Mawardi. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 15–22.
Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i1.2289
Indah Karunia, C., & Mahpudin, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 162–170. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.513
Indra, M. R. I., & Saleh, R. (2021). PENGEMBANGAN E-MODULE PRAKTIK BATU BETON DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNJ. Jurnal PenSil, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i1.17781
Institute, S. (2021). MEMAHAMI SITUASI INTOLERANSI | Setara Institute. https://setara-institute.org/memahami-situasi-intoleransi/
Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345
Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. (n.d.). PADA MATERI LISTRIK DINAMIS.
Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6
Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. MAWA’IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 10(2), 273–290. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi.
Oktaviara, R. A. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. 07.
Puspita, R. D., Apriliana, A. C., Nugraha, C. Y., & Rahman. (2020). Analysis of Value Clarification Technique Learning Model Through Pilot Methods in Learning to Improve Affective Intelligence. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 424(3rd International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE)), 319–323. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.104
Qodir, Z. (2018). Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.37127
Rahayu, D. W., & Fitriyah, F. K. (2020). Pengaruh Sikap Toleransi terhadap Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2).
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., Silawanebessy, W. J. B., & Huliselan, A. (n.d.). PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AMBON.
Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Samsu. (2017). METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development) Metode. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sari, P. (n.d.). ANALISIS TERHADAP KERUCUT PENGALAMAN EDGAR DALE DAN KERAGAMAN GAYA BELAJAR UNTUK MEMILIH MEDIA YANG TEPAT DALAM PEMBELAJARAN.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Siti Deti Nurhamidah, Atep Sujana, & Dety Amelia Karlina. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3190
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750
Suryandaru, N. A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Basicedu, 5(6), 6040–6048. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1803
Susmawati, S. (2020). PENGEMBANGAN BUKU DONGENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI UNTUK SISWA KELAS II SD/MI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2), 411–421. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.279
Taufik, M., & Dwijayanti, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS VI. 7.
Ula, R. Y., Sarkadi, & Badrujaman, A. (2021). The Effectiveness of Environmental Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes. Jurnal PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 54(1), 38–45. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8.
Widiyanto, D. (2017). Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.
Widyaningsih, S. W., Komariah, N., Mujasam, M., & Yusuf, I. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HOTS, MOTIVASI DAN MINAT PESERTA DIDIK. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2), 102–113. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.788
Wijayanti, R., & Wasitohadi, W. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTU MEDIA VIDEO INTERAKTIF DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PKN. Satya Widya, 31(1), 54. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i1.p54-68
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

PlumX Metrics

Published
2024-03-22