STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA HIPERAKTIF DI SDN SUMBERSARI 2 KOTA MALANG

  • Atikah Nur Izzah UIN MALANG
Keywords: Strategi Pembelajaran Langsung, Kemampuan Kognitif, Siswa Hiperaktif

Abstract

ABSTRACT

A direct learning strategy to improve the cognitive abilities of hyperactive students is a teaching approach that involves teacher instruction, where the teacher transfers information directly to hyperactive students. This research aims to improve the cognitive abilities of hyperactive students in the learning process. The results of this research are important to use as a guide in implementing learning strategies for students, especially hyperactive students. The theory used in this research is Jean Piaget's cognitive theory. The method applied in this research is a qualitative case study research method. The research results state that as a teacher who teaches students with special needs, especially hyperactive students, the teacher first knows the characteristics of each student. After knowing the characteristics of the students, the teacher applies learning strategies that are suitable for use when teaching. The direct learning strategies used are lectures, practice & exercises and demonstrations. Apart from teaching, teachers are also obliged to guide and handle hyperactive students at school. Through teaching and treatment it will be important in improving the cognitive abilities of hyperactive students.

 

ABSTRAK

Strategi pembelajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa hiperaktif merupakan suatu pendekatan pengajaran yang melibatkan intruksi guru, dimana guru mentransfer informasi secara langsung kepada siswa hiperaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif siswa hiperaktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini penting untuk dijadikan pedoman dalam melakukan strategi pembelajaran bagi siswa terkhusus siswa hiperaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif Jean Piaget. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagai seorang guru yang mengajar siswa berkebutuhan khusus terutama siswa hiperaktif, guru terlebih dahulu mengetahui karakteristik setiap siswanya. Setelah mengetahui karakteristik siswa kemudian guru menerapkan strategi pembelajaran yang cocok untuk digunakan ketika mengajar. Strategi pembelajaran langsung yang digunakan yaitu ceramah, praktik&latihan dan demonstrasi. Selain mengajar, guru juga dituntut untuk membimbing dan menangani siswa hiperaktif di sekolah. Melalui pengajaran dan penanganan tersebut akan menjadi penting dalam meningkatkan kognitif siswa hiperaktif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhumah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini.

Al Azis, A. N., Faizah, U., & Anwar, S. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Hiperaktif. Jurnal Multidisipliner Bharasa, 1(2), 114–122. https://doi.org/10.56691/jurnalmultidisiplinerbharasa.v1i2.247

Ardi Saputra, Y., & Rizki Susilowati, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 743–758. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1152

Asep, Septiani, S., Novianti, W., Irfan, & Sri Astuty, H. (2023). Strategi Pembelajaran. PT Sada Kurnia Pustaka.

Bahrul Hayat, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (direct Instruction) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts Nu Putra 2 Buntet Pesantren. Tsaqafatuna, 3(2), 43–59. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i2.76

Barlian, E. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/aucjd

Gunarto. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah.

Kusuma Sulyandari, A. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.

Made Sueni, N. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka).

Mirnawati, & Amka. (2019). Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Grup Penerbitan Cv Budi Utama.

Ms, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Nola Mulfiani, T., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2022). Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif di Taman Kanak-Kanak, Bukittinggi.

Novita, F. (2021). Menejemen Penanganan Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini Di Ba €˜aisyiyah Watubelah. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.235

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains.

Nursehah, U., & Rahmadini, R. (2021). Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sdit Enter Kota Serang.

Parnawi, A., & Wahyudi Ramadhan, B. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran Pai Siswa Kelas Iv Di Sd Al Azhar 1 Kota Batam. Berajah Journal, 3(1), 201–212. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.213

Rahmayani, N. R., Abidinsyah, & Agustina, M. (2021). Persepsi Guru Terhadap Karakter Anak Hiperaktif Di Sdn Benua Anyar 4 Banjarmasin.

Roniyati, L., & Purnama Pratiwi, R. (2020). Permasalahan Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Hiperaktif Di Sekolah Luar Biasa Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur.

Saeful Rahmat, P. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Scopindo Media Pustaka.

Wilyanita, N., Herlinda, S., & Restia Wulandari, D. (2023). Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11589

Zulfitria, rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan Metode Bercerita dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini

PlumX Metrics

Published
2024-04-01