Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> &nbsp;adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun di bulan Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia dan Inggris.&nbsp;</span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> &nbsp;dikelola oleh <a href="https://fitk.uin-malang.ac.id/project/pendidikan-guru-madrasah-ibtidaiyyah/" target="_blank" rel="noopener">Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah</a> <a href="https://fitk.uin-malang.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan</a> <a href="https://uin-malang.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang</a>.</span></span></p> <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Template Jurnal: </span></span></strong> <a href="https://docs.google.com/uc?export=download&amp;id=1XWdkMNG1k-ejXqE3djVnTiBv6e1JqKb2" target="_blank" rel="noopener"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Unduh Di Sini</span></span></a></p> <p><strong>E-ISSN:&nbsp;<a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220302011358402" target="_blank" rel="noopener">2828-531X</a></strong></p> en-US ibtidaiyah@uin-malang.ac.id (Ikha Sulis Setyaningrum) ibtidaiyah@uin-malang.ac.id (Shofia Aini) Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN APP NUSANTARA BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA KELAS IV MI ASSALAM KOTA BATU http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi/article/view/6668 <p>Tujuan Penelitian pengembangan ini antara lain untuk menjelaskan prosedur pengembangan media, mengetahui tingkat kevalidan media, dan kemenarikan media sehingga diharapkan dapat membantu proses belajar siswa kelas IV MI Assalam Kota Batu dalam memahami materi keberagaman di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian <em>Research and Development (R&amp;D) </em>dengan menerapkan model pengembangan ADDIE <em>(Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate) </em>yang diadaptasi oleh Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas IV MI Assalam Kota Batu. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. &nbsp;Hasil dari penelitian ini adalah berupa produk media pembelajaran berbasis <em>Value Clarification Technique (VCT) </em>yang diberi nama “App Nusantara”. Adapun hasil validasi produk media memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai dari validator ahli media sebesar 92% dan nilai dari validator ahli materi sebesar 86%. Selain itu, media “App Nusantara” juga dikategorikan sebagai media yang sangat menarik berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis <em>Value Clarification Technique (VCT) </em>“App Nusantara” berisikan materi keberagaman di Indonesia ini sangat valid atau layak dan sangat menarik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran PPKn di Kelas IV MI Assalam Kota Batu.</p> <p>&nbsp;</p> Muhammad Nur Kholilul Firdaus ##submission.copyrightStatement## http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi/article/view/6668 Fri, 22 Mar 2024 04:13:54 +0700