Implikasi Mutasi Bagi Hakim Perempuan Pernikahan Jarak Jauh di Pengadilan Agama Jember dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah

  • Millatul Hakimah Zain
Keywords: Mutasi; Perempuan; Pernikahan Jarak Jauh; Sakinah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pandangan dan upaya hakim perempuan Pengadilan Agama Kelas I A Jember dalam membentuk keluarga sakinah dalam situasi pernikahan jarak jauh (2), implikasi pelaksanaan mutasi dalam pembentukan keluarga sakinah bagi hakim perempuan di Pengadilan Agama Kelas I A Jember. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian yuridis-empiris, pendekatan deskriptif kualitatif. Skripsi ini memperoleh data dari lapangan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk proses pengolahan data menggunakan teknik edit, klasifikasi, analisis dan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yakni: pandangan hakim perempuan mengenai  keluarga sakinah adalah keluarga yang mampu memposisikan fungsi dan kewajiban masing-masing serta berlandaskan kasih sayang, harmonis dan penuh tanggung jawab. Implikasi pelaksanaan mutasi terhadap pembentukan keluarga sakinah terbagi menjadi 2 (dua) yakni: Pertama, Tidak berpengaruh, alasannya anak-anak sudah besar dan  hakim sudah terbiasa dengan adanya mutasi, Kedua, Sangat berpengaruh, alasannya pelaksanaan mutasi yang menjadikan hakim perempuan terpisah jarak tempat tinggal dengan keluarga memunculkan problem-problem dalam keluarga. Upaya hakim perempuan dalam mengatasi problem yang muncul akibat pernikahan jarak jauh yakni: Komunikasi intensif dengan keluarga, Manajemen waktu yang baik,  Meningkatkan iman dan ibadah kepada Allah, dan Memberian contoh teladan kepada keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-06-30
How to Cite
Zain, Millatul Hakimah. 2018. “Implikasi Mutasi Bagi Hakim Perempuan Pernikahan Jarak Jauh Di Pengadilan Agama Jember Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah”. Sakina: Journal of Family Studies 2 (1). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/195.