Peranan Pengasuh Majelis Ta’lim Wal Maulid Ar-Ridwan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Keluarga

  • Moh. Syarif Hidayat
Keywords: Peran; Pengasuh; Majelis ta’lim wal maulid Ar-ridwan, Konflik Keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran pengasuh Majelis ta’lim wal maulid Ar-Ridwan dalam penyelesaian konflik keluarga dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses penyelesaian konflik keluarga.

Penelitian ini adalah penelitian empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, kemudian dianalisa dengan menggunakan kata. Mengingat bahwa, data deskriptif adalah merupakan suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran maupun kelas peristiwa pada masa sekarang.

Peran pengasuh majelis ta’lim wal maulid Ar-Ridwan yaitu Habib Jamal yaitu sebagai penengah dalam keluarga yang bermasalah, sehingga beliau dapat membimbing serta menuntun pasangan atau keluarga yang bermasalah tersebut agar bisa menciptakan keharmonisan dalam keluarga mereka. Faktor keberhasilan penyelesaian konflik keluarga diantaranya dikarenakan sosok Habib Jamal dihormati dan disegani karena beliau adalah orang yang satu kata dengan perbuatan. Mereka adalah orang yang tawadhu’, istiqomah, memiliki kejujuran, serta skil dalam menyampaikan sesuatu dengan lemah lembut sehingga mudah dipahami serta diterima, bahkan sangat pantas untuk jadikan panutan di masyarakat. Faktor penghambat keberhasilan daripada penyelesaian konflik keluarga adalah dari pihak pasangan itu sendiri yang sudah memiliki tekad bulat untuk mengakhiri hubungan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-06-30
How to Cite
Hidayat, Moh. Syarif. 2018. “Peranan Pengasuh Majelis Ta’lim Wal Maulid Ar-Ridwan Dalam Menyelesaikan Permasalahan Keluarga”. Sakina: Journal of Family Studies 2 (1). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/196.