Konsep Pernikahan Dalam Islam Menurut Pelaku Pernikahan Dini Akibat Hamil Luar Nikah (Studi di Desa Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan)

  • Imam Turmudi
Keywords: Konsep; Nikah Dini; Hamil Luar Nikah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui seperti apa kepatuhan pelaku pernikahan dini akibat hamil luar nikah terhadap ajaran agama Islam, kemudian yang kedua untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab pelaku pernikahan dini akibat hamil luar nikah ini terjerumus kepada hubungan diluar nikah yang berakibat hamil dan yang terakhir untuk mengetahui seperti apa konsep pernikahan dalam Islam menurut mereka. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini  adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwasanya faktor yang menyebabkan tejadinya hubungan luar nikah bagi remaja yang berakibat hamil dan nikah di usia dini adalah karena bermula dari pacaran yang kemudian mempunyai hasrat untuk melakukan hubungan luar nikah. Hal ini juga ada faktor dari luar seperti faktor teman lingkungan, faktor ajakan dari pasangan dan faktor kurangnya bimbingan dari orang tua. Kemudian mengenai hal pemahaman tentang konsep pernikahan dalam Islam, penelitian menunjukkan mereka ini masih kurang dalam hal pengetahuan terhadap konsep-konsep pernikahan dalam Islam sekalipun itu hal yang mendasar seperti pengertian nikah, syarat rukun nikah dan juga mengenai hak dan tanggung jawab dalam keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-07-10
How to Cite
Turmudi, Imam. 2018. “Konsep Pernikahan Dalam Islam Menurut Pelaku Pernikahan Dini Akibat Hamil Luar Nikah (Studi Di Desa Losari Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan)”. Sakina: Journal of Family Studies 1 (2). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/197.