Penerapan Asas Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Perspektif Maslahah Mursalah (Studi di Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Malang)

  • Dimas Priyo Prabowo UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: asas kesetaraan dan keadilan gender, undang-undang perlindungan pekerja migran Indonesia, maslahah mursalah.

Abstract

Asas kesetaraan dan keadilan gender merupakan suatu keadaan dimana perempuan dan laki-laki menikmati status yang setara dan memiliki kondisi yang sama, dalam konteks perlindunngan pekerja migran berlaku sama untuk mewujudkan secara penuh hak asasi dan potensinya untuk bekerja diluar negeri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan upaya Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Malang dalam menerapkan asas kesetaraan dan keadilan gender dalam undang-undang nomor 18 tahun 2017 tentang perlinndungan pekerja migran Indonesia, dan untuk mendiskripsikan asas kesetaraan dan keadilan gender dalam undang-undang nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia ditinjau dari perspektif maslahah mursalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian empiris, sumber data penelitian ini diperoleh dari wawancara langsung di kantor Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia (P4TKI) Malang sebagai data primer. Dan data sekunder diperoleh dari undang-undang serta buku-buku yang yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan dalam penerapan asas kesetaraan dan keadilan gender ditinjau dari maslahah mursalah telah sesuai dengan tujuan syara’ yaitu dengan adanya kemaslahatan secara penuh dan lebih memberikan maslahah bagi pekerja migran dan bagi keluarga yang ditinggal di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-12-29
How to Cite
Prabowo, Dimas. 2019. “Penerapan Asas Kesetaraan Dan Keadilan Gender Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Di Pos Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Malang)”. Sakina: Journal of Family Studies 3 (4). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/308.
Section
Article