Upacara Adat Pangantenan Sunda Dalam Implementasi Buku Panduan Pernikahan (Studi di Desa Sirnasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat)

  • Husnan Ripa’i Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: pernikahan Anak; upaya preventif; upaya antisipatif

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Upacara adat pernikahan Sunda di Desa Sirnmasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi dan menjelaskan implementasi buku “Upacara Adat Pangantenan Sunda” tentang pernikahan yang dijadikan sebagai buku pedoman dalam melaksanakan prosesi upacara adat pernikahan Sunda di Desa Sirnasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Artikel ini merupakan hasil penelitian Empiris dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data Primer dan Sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti ialah editing, klasifikasi data, verifikasi, analisis dan kesimpulan. Hasil pembahasan artikel ini menunjukan bahwa: 1) upacara adat pernikahasn Sunda ialah sebuah tradisi yang dilakukan dalam prosesi pernikahan Adat Sunda, tradisi ini bukanlah sebuah kewajiban, namun jika tidak melaksanakan masyarakat menganggap belum melaksanakan walimah. Tujuan dari pelaksanaan upacara adat nikah sunda ialah sebagai bukti rasa syukur kepada Allah yang dilakukan dengan bentuk suguhan yang memiliki banyak simbol dan makna yang terkandung didalamnya, khususnya pepatah dalam menjalankan kehidupan berumah tangga. 2). Dalam melaksanakan upacara adat tersebut buku pedoman adat sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pedoman dalam menjalankan upacara adat pernikahan sunda dan pedoman bagi kehidupan berumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-12-29
How to Cite
Ripa’i, Husnan. 2019. “Upacara Adat Pangantenan Sunda Dalam Implementasi Buku Panduan Pernikahan (Studi Di Desa Sirnasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat)”. Sakina: Journal of Family Studies 3 (1). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/317.