Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah untuk Korban Bencana Alam di Lembaga Yayasan Dana Sosial Al Falah Malang

  • Romi Ittaqi Robby UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Manajemen; Pengelolaan; Dana; Zakat; Infaq; Shadaqah

Abstract

Lembaga Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) adalah lembaga yang melayani sekaligus menghimpun dana bantuan untuk korban bencana alam. Lembaga ini merupakan salah satu lembaga sosial yang ikut andil dan berpartisipasi dalam menangani dana maupun bantuan korban bencana alam. Lembaga YDSF ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1987, dan lembaga ini merupakan sebuah wadah serta sarana untuk mengelola zakat, infaq, dan shadaqah yang telah dipercaya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Malang mendistribusikan dana zakat, infaq, dan shadaqah untuk para korban bencana alam, serta mengetahui cara penyaluran dana untuk korban bencana alam di Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Malang. Adapun metode penelitian ini bersifat empiris (research) atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh bersumber dari wawancara langsung terhadap pengurus yang mengelola lembaga tersebut serta dokumen – dokumen yang bisa memperkuat dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan lembaga YDSF mendistribusikan dana zakat, infaq, dan shadaqah untuk para korban bencana alam yaitu menolong orang yang sedang tertimpa musibah bencana alam, kemudian cara penyaluran yang dilakukan adalah melalui dua tahapan yaitu tahap survey lapangan terlebih dahulu kemudian berangkat langsung menuju lokasi yang sedang tertimpa musibah bencana alam, akan tetapi secara teori dalam penyaluran hendaknya mengetahui informasi yang lebih jelas dan akurat supaya dalam proses penyaluran tersebut tidak mengakibatkan kesalahan informasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-12-29
How to Cite
Robby, Romi. 2019. “Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Untuk Korban Bencana Alam Di Lembaga Yayasan Dana Sosial Al Falah Malang”. Sakina: Journal of Family Studies 3 (3). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/344.
Section
Article