Urgensi Kepemilikan Harta Benda Calon Menantu Laki-Laki sebagai Kesiapan Pernikahan Perspektif Maslahah Mursalah (Pandangan Masyarakat Desa Ngijo Kecamatan Karangploso)

  • Wahid Nugroho UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Urgensi, Kepemilikan Harta Benda, Pernikahan, Maslahah Mursalah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pandangan masyarakat desa ngijo terhadap urgensi kepemilikan harta benda calon menantu sebagai kesiapan pernikahan selain itu penelitian ini juga menganalisa berdasarkan pandangan maslahah mursalah terhadap kepemilikan harta benda calon menantu sebagai kesiapan pernikahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber dalam penelitian ini terdri dari sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data dilakukaan dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa di dalam masyarakat Desa Ngijo terdapat 3 pandangan urgensi kepemilikan harta calon menantu dalam pernikahan yaitu 1) Kepemilikan harta sangatlah penting. 2) Kepemilikan harta dianggap tidak penting. 3) Kepemilikan harta memang penting, tapi tidak menjadi syarat utama melakukan pernikahan. Analisis kepemilikan harta calon menantu menurut maslahah mursalah yaitu, Maslahah Dharuriyah (Dar’ul-Mafasid) dalam hal ini, yang menjadi kebutuhan mendasar saat akan melakukan pernikahan yaitu dana atau kesiapan finansial. Maslahah Hajiyah (Jalbul Masalih), dalam hal ini, yang menjadi maslahah hajiyah adalah jika kepemilikan harta seseorang tidak menjadi faktor utama dalam perkawinan. Maslahah Tahsiniyah (At Tatamiyat), dalam hal ini, kepemilikan harta memang penting, tapi tidak menjadi syarat utama melakukan pernikahan. Kesiapan dana harus dipersiapkan sejak awal pernikahan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-12-29
How to Cite
Nugroho, Wahid. 2018. “Urgensi Kepemilikan Harta Benda Calon Menantu Laki-Laki Sebagai Kesiapan Pernikahan Perspektif Maslahah Mursalah (Pandangan Masyarakat Desa Ngijo Kecamatan Karangploso)”. Sakina: Journal of Family Studies 2 (3). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/369.
Section
Article