Peran Muhammadiyah Dan Partai Keadilan Sejahtera Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Pada Masyarakat Matrilineal Di Kota Padang

  • Muhammad Ramadhan Al Fikri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: keluarga sakinah; matrilineal; budaya.

Abstract

Masyarakat dikota Padang rata- rata menganut sistem kekerabatan Matrilineal. Sistem kekerabatan Matrilineal rentan kepada permasalahan dalam sebuah keluarga, sehingga dibutuhkan lembaga yang membantu masyarakat terhadap permasalahan itu, seperti Aisyiyah dan BPKK. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan  kualitatif. Penelitian ini memperoleh data dari lapangan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa bahwa para tokoh berpendapat bahwa perubahan yang dibawa Muhammadiyah dan PKS justru berdampak baik bagi nilai- nilai Matrilineal, karena dua komunitas memurnikan ajaran Islam kepada masyarakat dengan pendekatan yang baik, tanpa harus merubah falsafah MinangKabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Adapun Aisyiyah dan BPKK, memiliki peran dalam hal pembinaan keluarga sakinah dengan cara mengadakan program Qoryah Thoyyibah untuk pembinaan tentang keluarga, dan program Pengkaderan Dauroh Pra Nikah bagi calon pasangan suami istri untuk dibina terkait ilmu pernikahan agar memiliki kematangan dan kesiapan ketika memasuki masa pernikahan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-04-06
How to Cite
Al Fikri, Muhammad. 2020. “Peran Muhammadiyah Dan Partai Keadilan Sejahtera Dalam Membentuk Keluarga Sakinah Pada Masyarakat Matrilineal Di Kota Padang”. Sakina: Journal of Family Studies 4 (1), 62-70. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/444.
Section
Article