Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Keluarga Perspektif Qira’ah Mubadalah di Dusun Jajar Kebon Kelurahan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan

  • Saila Riekiya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Istri sebagai pencari nafkah utama keluarga merupakan fenomena yang banyak terjadi di Dusun Jajar Kebon, Kelurahan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan. Berbagai alasan istri sebagai pencari nafkah adalah kondisi ekonomi, kondisi kesehatan dan suami tidak bekerja. Adapun permasalahan  yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pekerjaan domestik istri ketika istri sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga?. (2) Bagaimana peran istri sebagai pencari nafkah utama perspektif Qirā’ah Mubādalah Dusun Jajar Kebon Kelurahan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan?. Penelitian ini merupakan penelitian empiris/lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif konseptual dan kasus yang dilakukan di Dusun Jajar Kebon Kelurahan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan keluarga dimana istri sebagai pencari nafkah utama keluarga.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pekerjaan domestik yang pada umumnya dikerjakan seorang istri tetap terlaksana, tetapi bukan hanya istri yang melakukan, suami ikut membantu melakukan pekerjaan domestik ketika istri harus bekerja menopang ekonomi keluarga. 2. Peran istri sebagai pencari nafkah utama perspektif Qirā’ah Mubādalah di Dusun Jajar Kebon, Kelurahan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan prinsip relasi mu’asyarah bil ma’ruf.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-08-24
How to Cite
Riekiya, Saila. 2021. “Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Keluarga Perspektif Qira’ah Mubadalah Di Dusun Jajar Kebon Kelurahan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan”. Sakina: Journal of Family Studies 5 (3). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/jfs/article/view/757.
Section
Article