Penetapan Harga Suatu Produk Di Bawah Harga Official Store Tinjauan Undang-Undang No.5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Serta Fiqh Muamalah

  • Aulia Ma’rifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Harga; Penetapan Harga; Harga Official Store; fiqh muamalah

Abstract

Sistem pasar memiliki dinamika yang tidak menentu, terjadinya persaingan
ketat antar pelaku usaha yang menimbulkan perang harga mengakibatkan banyak
pelaku usaha online menetapkan harga hingga menyentuh nilai di bawah yang
ditetapkan official store, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab
terjadinya penetepan harga suatu produk di bawah official store dan bagaimana
pandangan undang-undang serta fiqh muamalah atas praktik tersebut. Penelitian ini
dilakukan dengan metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif yang
memusatkan pemahaman dalam lingkup sosiologis, pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, Undang-Undang No.5 Tahun 1999, pemikiran Ibn
Taimiyah dan Wahbah Zuhaily, serta penelitian terkait. Berdasarkan hasil penelitian,
ditemukan bahwa faktor yang menjadikan pelaku usaha menentukan harga di bawah
official store tidak menunjukkan faktor negatif dan adanya kerugian bagi kedua belah
pihak, serta karena tidak adanya perjanjian dalam menentukan harga maka tidak
menyalahi Undang-undang No.5 Tahun 1999 dan selama prinsip dalam bermuamalah
tetap dilakukan maka tidak menyalahi aturan negara dan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-09-30