TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI TK ISLAM TERPADU AN-NUR KEBOMAS GRESIK

  • Alvin Fatimatuz Zahro Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Child Responsibility, Parenting

Abstract

The responsibility of early childhood has different in each child, especially during the Covid-19 pandemic. One thing that makes responsibility different is parenting. The aims to determine the attitude of responsibility of children aged 5-6 years during the pandemic in terms of parenting patterns, as well as factors in instilling an attitude of responsibility in children. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The subjects of this study were 6 children with an age range of 5-6 years. Data were collected by using questionnaires, interviews, documentation and observation methods, then analyzed using Milles and Huberman analysis. The data from the research were tested for validity again by using triangulation. The results of the study can be concluded that the attitude of responsibility of children aged 5-6 years during the pandemic in terms of parenting patterns in the Integrated Islamic Kindergarten An-Nur Kebomas Gresik, namely 6 children studied got the results of 2 children with responsibilities already formed and 4 children starting formed. The type of parenting style shows that 4 parents apply democratic parenting, 1 parent applies authoritarian parenting and 1 parent uses permissive parenting. The support and obstacles experienced by parents are environmental factors, gadgets and the child's own factors.

Abstrak

Tanggung jawab anak usia dini mempunyai perbedaan pada setiap anak, apa lagi pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun selama pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua, juga faktor dalam menanamkan sikap tanggung jawab anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 6 anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan dengan metode angket, wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Milles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji Kembali kebsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap tangggung jawab anak usia 5-6 tahun di masa pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik yaitu 6 anak yang diteliti mendapatkan hasil 2 anak dengan tanggung jawab sudah terbentuk dan 4 anak mulai terbentuk. Jenis pola asuh orang tua menunjukkan bahwa 4 orang tua menerapkan pola asuh demokratis, 1 orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan 1 orang tua menggunakan pola asuh permisif. Dukungan dan hambatan yang di alami orang tua adalah faktor lingkungan, gadget dan faktor anak itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annarisa, E. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tanggung Jawab Pelaksanaan Tugas Sekolah Di TK Islam Bakti IV Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 [Naskah Publikasi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Brooks, J. (2011). The Process of Parenting (kedelapan). Pustaka Pelajar.

Fadli, A. (2020). Mengenal Covid-19 Dan Cegah Penyebarannya Dengan “Peduli Lindungi” Aplikasi Berbasis Android.

KBBI. (2021). Tanggung Jawab [Kamus versi online/daring]. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

https://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/tanggungjawab.html

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (2014) (testimony of Kemendikbud).

Kurniasih, V. W., Fitriyah, F. K., Hidayat, M. T., & Sunanto. (2020). Hubungan Pemahaman Diri Terhadap Rasa Tanggung Jawab: Sebuah Survey Pada Anak Usia Dini Di Kota Surabaya. Child Education Journal, 2 No 2.

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 No 1.

https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.4878

Rohyati. (2015). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek di TK Tunas Ibu Kalasan [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Salinan Revisi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tahun 2020, Kesatu: 1 (a dan b) (2020).

Salsabila, J. & Nurmainah. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. 5 No. 02.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020, Oktober). Peta Sebaran. covid19.go.id. htpps://covid19.go.id/peta-sebaran

Tim Detikcom. (2020, April 26). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI? detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri

Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2 No. 2.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (Covid-19) Situation Report—94. Who.Int. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200423-sitrep-94-covid-19.pdf?sfvrsn=b8304bf0_2

Wulandari, R. S. (2016). “Pola Asuh Anak Usia Dini” (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo) [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

PlumX Metrics

Published
2022-02-25