STRATEGI GURU MENSTIMULASI MOTORIK HALUS PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ANAK KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULIA I GADUNGAN KEDIRI

  • Meyda Nur Rohmah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Blended Learning, Fine Motor

Abstract

The right fine motor stimulation will affect the good and bad of fine motor development in children. Ironically, the COVID-19 pandemic has had an impact on education. So that learning switches to using Blended learning. As an educator, the teacher has a role to choose the right strategy in stimulating children's fine motor skills in blended learning. The application of blended learning at Kusuma Mulia I kindergarten, Gadungan Kediri uses an enriched virtual model. The teacher strategy used is the Expository Learning Strategy which focuses on the delivery of teachers to students with a shift system or alternately, namely in one class the students will be divided into 2 groups. The strategy that the teacher at Kusuma Mulia I kindergarten, Gadungan Kediri chose to stimulate fine motor skills in blended learning was through writing, thickening and coloring activities. In the implementation of the stimulation found factors that affect the implementation process, namely internal and external factors. Internal factors include the child's emotions and the child's level of development. while external factors include parents, communication tools, learning media, children's study rooms, and teacher readiness.

Abstrak

Stimulasi motorik halus yang tepat akan mempengaruhi baik buruknya perkembangan motorik halus pada anak. Ironisnya, pandemi covid-19 memberikan dampak pada pendidikan. Sehingga pembelajaran beralih menggunakan pembelajaran Blended learning. Sebagai seorang pendidik, guru memiliki peran untuk memilih strategi yang tepat dalam menstimulasi motorik halus anak pada pembelajaran blended learning. Penerapan blended learning di TK Kusuma Mulia I Gadungan Kediri menggunakan model enriched virtual model. Strategi guru yang digunakan adalah Strategi Pembelajaran Ekspositori yang berfokus pada penyampaian guru kepada peserta didik dengan sistem shift atau bergantian yaitu dalam satu kelas peserta didik akan dibagi menjadi 2 kelompok. Strategi yang pilih guru di TK Kusuma Mulia I Gadungan Kediri untuk menstimulasi motorik halus pada pembelajaran blended learning adalah melalui kegiatan menulis, menebali dan mewarnai. Pada pelaksanaan stimulasi dijumpai faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi emosi anak dan tingkat perkembangan anak. sedangkan faktor eksternal meliputi orang tua, alat komunikasi, media pembelajaran, ruang belajar anak, dan kesiapan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, N. (2021, May 7). Kesiapan Guru dengan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19.RADARSEMARANG.ID.

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu- guruku/2021/05/07/kesiapan-guru-dengan-pembelajaran-daring-pada- masa-pandemi-covid-19/

Armitasari, D., Susanti, Y., & Ph, L. (2018). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 4(1), 30.

https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340

Aswan, H. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovaif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan. Aswaja Pressindo.

Chaeruman, U. A. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning (Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Swasta Nulis.

Eriani, E., & Amiliya, R. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(01), 11–21. https://doi.org/10.46963/mash.v3i01.112

Fajriyah, L., & Amala, N. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 1, 11. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Kasih, K. C. (2020, April 1). 10 Permainan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak PAUD Halaman all. KOMPAS.com.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/01/101500871/10-permainan- sederhana-untuk-melatih-motorik-halus-anak-paud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 137 Tahun 2014 tentang Standar tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Keputusan Bersama Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koerniantono, M. E. K. (2018). Strategi Pembelajaran. 3(1), 17.

Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT. Rajagrafindo Persada.

Nurcahyo, H. (2017, June 2). Peran Emosi dan Motivasi dalam ProsesBelajar.KOMPASIANA.https://www.kompasiana.com/habibnurcahyo/5930a857ca23bde610e894 51/peran-emosi-dan-motivasi-dalam-proses-belajar.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Universitas Tarumanagara Jakarta, 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Saadie, M., W., S. A., & Mahmud. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Universitas Terbuka.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak (V. Pakpahan, Trans.). Salemba Humanika.

Sujiono, B. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Universitas Terbuka.

Sujiono, B. (2019). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka. Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. UNY Press.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article2.https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Yusana, D. M. W., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Bangsa Pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. 2, 10.

Yusuf. (2020, Oktpber). Partisipas Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring. STIT Al-Kifayah Riau. https://www.stit- alkifayahriau.ac.id/partisipasi-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak- selama-pembelajaran-daring/.

PlumX Metrics

Published
2022-02-25