PENGEMBANGAN MEDIA JEJAK KAKI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK KELOMPOK B DI RA TARBIYATUS SHIBYAN

  • Nur Rohmatus Samawiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Footprint Media, Kinesthetic Intelligence

Abstract

The development of footprint media aims to: First, describe the process of developing footprint media to improve the kinesthetic intelligence of students at RA Tarbiyatus Shibyan, Pasuruan Regency. Second, explain the effectiveness of footprint media to improve the kinesthetic intelligence of students at RA Tarbiyatus Shibyan, Pasuruan Regency. This study uses Research and Development (RnD) approach also uses the Borg and Gall development model with eight development steps, namely: 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revisions, 6) product trials, 7) product revisions, 8) usage trials. The results of this research are: 1) The process includes, a) pre-observation stage, b) design process stage, c) product manufacturing stage, d) product validation stage, e) product testing and revision stage. 2) In the analysis of the paired samples test, the results of the 2-tailed sig value of 0.00, which is less than 0.05, means that the footprint media is very effective in increasing the kinesthetic intelligence of students so that with the footprint media it can be used as one of the fun learning media to improve the kinesthetic intelligence of students.

Abstrak

Pengembangan media jejak kaki bertujuan untuk : Pertama, mendeskripsikan proses pengembangan media jejak kaki untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik di RA Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Pasuruan. Kedua, menjelaskan tingkat keefektifan media jejak kaki untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik di RA Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dan dalam prosesnya peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan delapan langkah-langkah pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Pengembangan ini diperoleh hasil berupa : 1) Proses meliputi, a) tahap pra-observasi, b) tahap proses rancangan, c) tahap pembuatan produk, d) tahap validasi produk, e) tahap uji coba dan revisi produk. 2) Pada analisis uji paired samples test didapatkan hasil nilai sig 2-tailed sebesar 0,00 yaitu kurang dari 0,05 artinya media jejak kaki sangat efektif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik sehingga dengan adanya media jejak kaki dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal serta Pengembangannya. Median Sahabat Cendekia.

Ardhana, W. (2001). Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Fauzia, Y. (2012). Efektifitas Bermain Berjalan di Atas Jejak Kaki Untuk Meningkatkan Keseimbangan Anak Autisme. 1 No. 1.

Irwansyah, D. (2015). Hubungan Kecerdasan Kinestetik Dan Kecerdasan Interpersonal Serta Intrapersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di MTSN Kuto Baro Aceh Besar. 3 No. 1.

Mastuti, S., Sobarna, A., & Afrianti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kekuatan dan Koordinasi Otot Kaki Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Loncat Jejak Kaki Pos PAUD Teratai Tunas Bangsa Kota Bandung. Universitas Islam Bandung, 6 No. 1.

Muslih, M. (2016). Efektivitas Latihan Berjalan di Atas Jejak Telapak Kaki dan di Atas Kayu Terhadap Keseimbangan Pada Anak Autis di SLB Autisma Yogasmara Pedurungan Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, IGA. E. (2005). Kecerdasan Majemuk Pada Anak. 7 No. 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Syamsiatin, E. (2017). Bermain dan Permainan AUD. Universitas Terbuka.

Syarifuddin, Herdianto, & Ernawati. (2011). Pendidikan Prasekolah. Perdana Publishing.

PlumX Metrics

Published
2022-02-25