PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENCAK SILAT DI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RANTING GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

  • wafaul ahdi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Pencak Silat; Early childhood; Socio-Emotional

Abstract

This study aims to determine how the socio-emotional development of early childhood through pencak silat in the Setia Hati Terate Brotherhood (PSHT) Ranting Gunung Jati, Cirebon Regency. This study uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study amounted to 9 children with an age range of 5-6 years. Data were collected by interview, observation, and documentation methods, then analyzed using Milles and Huberman analysis. The validity of the research data was re-tested by using source triangulation, technical triangulation, and time triangulation. The results of the study can be concluded that pencak silat activities in the Setia Hati Terate Brotherhood (PSHT) Branch Gunung Jati, Cirebon Regency have developed socio-emotional early childhood, this can be proven through the evaluation sheet that has been provided at the Setia Hati Terate Brotherhood Pencak silat (PSHT) Branch. Gunung Jati Cirebon Regency, and based on the results of interviews and observations of researchers. The results showed that the socio-emotional development of children at the pencak silat college had developed well in accordance with the Child Development Achievement Level Standard (STPPA) at their age.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sosial-emosional anak usia dini melalui pencak silat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini berjumlah 9 anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan pencak silat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon telah mengembangkan sosial-emosional anak usia dini hal tersebut dapat dibuktikan melalui lembar evaluasi yang telah disediakan di pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dan berdasarkan hasil wawancara serta observasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya perkembangan sosial-emosional anak di perguruan pencak silat tersebut sudah berkembang dengan baik sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) di usianya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, J. (2021). Pencak Silat. Deepublish Publisher.
Kriswanto, E. S. (2015). Pencak silat.
Al-Makhfudhoh, A. (2017). Pendidikan Karakter Anak Melalui Kegiatan Pencak Silat Pagar Nusa Di SD Nahdlatul Ulama Bangil Skripsi.
Mulyana. (2013). Pendidikan pencak silat: Membangun jati diri dan karakter bangsa (Cetakan pertama). PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Penerbit Gava Media.
Nurhasanah, Lia Sari, S., & Adi Kurniawan, N. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan, 4.
Ramadhan, R., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2017). Translasi Pencak Silat Kedalam Film Animasi ( Studi Kasus Film Kung Fu Panda ), 9(2), 104–122. https://doi.org/10.5614/j.vad.2017.9.2.4
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia Group.
Syah, M. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. PT RajaGrafindo Persada
Yurissetiowati. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Penerbit Lakeisha.

PlumX Metrics

Published
2023-01-31