Implementasi Media Looseparts dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Kota Malang

  • Maulida Setiani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: looseparts, pendidikan anak usia dini, matematika awal anak

Abstract

Permainan looseparts adalah permainan yang menggunakan bahan yang dapat dipindahkan, diangkut, digabungkan, diatur ulang, disejajarkan, dipisahkan, dan dipasang kembali dengan berbagai cara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media looseparts dalam mengembangkan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelompok B2 RA Al jihad yaitu, guru kelompok B TK Dharma Wanita 01, guru  B1 TK Wahid Hasyim. Teknik Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah tahapan penggunaan media looseparts terdapat perbedaan dari pelaksanaan kegiatan setiap harinya. RA Al Jihad melaksanakan pembelajaran dengan satu kegiatan pembelajaran dalam sehari. Sementara TK Wahid Hasyim dan TK Dharma Wanita 01 melaksanakan pembelajaran dengan beberapa kegiatan dalam sehari. Media looseparts berhasil mendukung kegiatan pembelajaran matematika sehingga anak dengan mudah memahami pembelajaran serta tercapainya Standar pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: Matematika Awal, Looseparts, Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124
Imamah, Z., & Muqowim. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Parts. Jutnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1–181.
Kemendikbud. (2020a). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020b). Panduan Pengelolaan Looseparts.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data KUalitatif. Penerbit. Universitas Indonesia.
Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Parts Dalam Pembelajaran Eksak Di MI Kedungwuluh Lor. Jurnal Kependidikan, 15(1).
Sumarseh, & Eliza, D. (2022). Penerapan media pembelajaran berbahan loose part in door untuk membangun merdeka belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5, 65–75.
Sumiati, L., Sulaeman, O., & Pramanik, N. dewi. (2019). Pengaruh Penggunaan media Loose Part dalam Pembelajaran Menulis di TK Assalam Pagerageung. 97–110.

PlumX Metrics

Published
2023-07-01