METODE BERCERITA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBERANIAN SISWA KELAS B DI RA AL MURTADHO KEDUNGWARU NGAWI

  • In'amu Dzakiyyatul Jamilah Mahasiswa
Keywords: Storytelling Method, Character, Courage

Abstract

Courage is a character that can be formed by everyone.Good habits for character building in children are not enough to reach the family environment so that habits in the madrasa environment also need to be applied. One thing to note is in choosing the method given to children by using language that is easy to understand and the media used. This study uses a qualitative approach with the type of Classroom Action Research (CAR), which aims to find out how planning and the influence of the storytelling method in shaping the character of the courage of class B students at RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. The number of subjects was 15 students who were students of class B RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. Data obtained through observation, interviews, and evaluation. The result of this research shows that the          has reached indicators in being brave and appearing confident when telling stories, showing a persistent and diligent attitude in learning, showing an honest and responsible attitude in answering teacher questions, and being able to show enthusiasm and enthusiasm in learning and playing.

Abstrak

Keberanian merupakan karakter yang dapat dibentuk oleh setiap orang. Pembiasaan baik untuk pembentukan karakter pada anak tidak cukup sampai pada lingkungan keluarga sehingga kebiasaan di lingkungan madrasah juga perlu diterapkan salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih metode yang diberikan kepada anak dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan media yang digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pengaruh metode bercerita dalam membentuk karakter keberanian siswa kelas B di RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang telah mencapai indikator dalam berani dan tampil percaya diri ketika bercerita, menunjukkan sikap gigih dan tekun dalam belajar, menunjukkan sikap jujur dan bertanggungjawab dalam menjawab pertanyaan guru, serta dapat menunjukkan sikap antusias dan semangat dalam belajar dan bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, R., & Nurmalina, N. (2020). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Kuala Nenas. Journal on Teacher Education, 1(2), 39–46.

Arumasari, C. (2018). Kekuatan karakter dan kebajikan dalam bimbingan dan konselling. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2, 2–5.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosyda Karya.

Ellis, G., & Brewster, J. (2014). Tell it again! The storytelling handbook for primary english language teachers. British Council.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Ar Ruzz Media.

Fadlan, A. (2019). Efektivitas metode bercerita dalam perekembangan bahasa anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28–37.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1).

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam prespektif filsaffat pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75.

Musfiroh, T. (2008). Memilih, menyusun dan menyajikan cerita untuk anak usia dini. Tiara Wacana.

Permendikbud 137 tahun 2014 Standart Nasional PAUD. (2014).

Peterson, C., & Martin, S. (2004). Character Strenghts and Virtues. Oxford Universty Press.

Primawidia, E. (2017). Penerapan metode bercerita untuk mengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini di TK Dwi ertiwi Sukarame Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lamopung.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 4(1), 85–102.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak (11th ed.). Salemba Humanika.

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), Article 2.

Suprayogo, I. (2011). Hubungan Antara Pergruan Tinggi dan Pesantren. UIN Malang Press.

Suwardani, N. P. (2020). Quo Vadis Pendidikan Karakter untuk merajut harapan bangsa yang bermartabat. UNHI Press.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Kencana.

yusra, & Yunisari, dewi. (2019). Pengembangan Nilai Karakter melalui metode bercerita di TK Islam Terpadu Al Azhar Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 6, 146–150.

PlumX Metrics

Published
2022-02-24