Implikasi Pendidikan Multikultural pada Paham Pluralis di Kalangan Pelajar (Studi Sekolah Elite Islam Kota Malang)

  • Ichmi Yani Arinda Rohmah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2011
Keywords: Pendidikan, Multikulturalisme, Pluralisme

Abstract

Multikultural education has a purpose to provide an understanding to students about the sosial and cultural diversity as well as create renewal within the learners so as to achieve a level playing field for all students. SMA Islam Malang one of the schools that develop multikultural education with learners who have a background of economic level, understanding of the religion, ethnicity, tribe and culture. Implementation and development of multikultural education learners understand pluralism and applies in life. In addition, SMA Islam Malang has never been recorded as a school with a high level of juvenile delinquency.

Pendidikan multikultural memiliki tujuan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang keberagaman sosial dan budaya serta menciptakan pembaharuan dalam lingkungan peserta didik sehingga tercapainya sebuah kesetaraan untuk seluruh peserta didik. SMA Islam Malang salah satu sekolah yang mengembangkan pendidikan multikultural dengan latar peserta didik yang memiliki tingkat ekonomi, paham agama, etnik, suku dan budaya yang berbeda. Adanya implementasi dan pengembangan pendidikan multikultural peserta didik memahami pluralisme dan mengaplikasikan dalam kehidupan. Selain itu, SMA Islam Malang belum pernah tercatat sebagai sekolah dengan tingkat kenakalan remaja yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-02-24
How to Cite
Rohmah, I. (2018). Implikasi Pendidikan Multikultural pada Paham Pluralis di Kalangan Pelajar (Studi Sekolah Elite Islam Kota Malang). LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 4(1). https://doi.org/10.1234/lorong.v4i1.101
Section
Author Guideline and Template