Pendidikan Pesantren (Tradisional) Sebagai Alternatif Value Oriented Menuju Terbentuknya Manusia Seutuhnya

  • Mohammad Iwan Ihyak Ulumuddin Direktur UKM Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa Periode 2014
Keywords: Pendidikan Pesantren, Value Oriented, Manusia Seutuhnya

Abstract

IIslamic boarding school education has long history and important narration in Indonesia development. Islamic boarding school education is still maintaining independent curriculum as a good choice, without any changing although era become more modern and change into globalization era. Islamic boarding school education is an education based on value (value oriented) to be the one of alternative education that capable to create human character. Character education enters as main focus in building human character. Then, this Islamic boarding school can grant human being with internalizing value built as intentionally.

Pendidikan pesantren memiliki sejarah panjang dan riwayat yang penting dalam perkembangan bangsa Indonesia. Sejatinya pendidikan pesantren yang tetap mempertahankan kurikulum mandirinya tetap menjadi pilihan, tanpa tergeser sedikitpun meskipun dunia semakin modern dan memasuki era globalisasi. Pendidikan pesantren sebagai pendidikan yang berbasis nilai (value oriented) menjadi satu-satunya pendidikan alternatif yang mampu membentuk jati diri manusia. Pendidikan karakter masuk menjadi fokus utama dalam membentuk manusia seutuhnya. Melalui pesantren inilah dirasa mampu mewujudkan manusia seutuhnya dengan peng-internalisasian nilai yang dengan sengaja ditanamkan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-02-24
How to Cite
Ulumuddin, M. (2018). Pendidikan Pesantren (Tradisional) Sebagai Alternatif Value Oriented Menuju Terbentuknya Manusia Seutuhnya. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 3(2). https://doi.org/10.1234/lorong.v3i2.112
Section
Author Guideline and Template