Analisis Konsumerisme Pasif Para Penggemar Fanatik Idol Grup BTS di Kediri dalam Pembelian Merchandise

  • Queen Salsabila UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Lutfiana Dwi Nur Fadhilah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Konsumerisme, Fanatisme, ARMY Kediri

Abstract

Konsumerisme pasif para penggemar fanatik idol grup BTS di Kediri dalam pembelian merchandise BTS menjadi hal yang sangat menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi sejauh mana konsumerisme pasif para penggemar fanatik BTS di Kediri. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini sebanyak enam orang yang menjadi anggota komunitas ARMY Kediri. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam secara online menggunakan aplikasi WhatsApp. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ARMY Kediri melakukan pembelian merchandise secara konsumtif yang dilatarbelakangi oleh sikap fanatik mereka. Mereka membeli merchandise sebagai bentuk loyalitas serta apresiasi
terhadap BTS. Selain itu, mereka membeli merchandise tersebut guna memenuhi kepuasan pribadi dan koleksi. Dari kegiatan konsumtif tersebut tidak sedikit uang yang harus mereka keluarkan. Meskipun barang yang mereka beli tidak memiliki nilai guna, mereka rela menabung guna mengumpulkan uang untuk pembelian merchandise
tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Salsabila, Q., & Fadhilah, L. (2022). Analisis Konsumerisme Pasif Para Penggemar Fanatik Idol Grup BTS di Kediri dalam Pembelian Merchandise. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 11(1), 1-16. https://doi.org/10.1234/lorong.v11i1.2106
Section
Author Guideline and Template