Studi Kasus Adaptasi Generasi X dan Generasi Z terhadap Penggunaan Aplikasi Grab dan Gojek di Kota Malang

  • Alif Arifzan Anshari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Aplikasi online, e-commerce, adaptasi, ekonomi, perilaku konsumen

Abstract

Ekonomi dan perubahan global dalam teknologi menekankan masyarakat untuk beralih pada e-commerce dan aplikasi berbasis digital. Adanya perubahan ini mempengaruhi dua generasi yang cukup jauh, terutama di Malang, yaitu generasi X dan generasi Z yang terkena dampak dari laju perkembangan modernisasi. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan mengenai proses adaptasi serta perbedaan dalam
proses penggunaan dan pemanfaatan layanan Grab dan Gojek antara generasi X dan generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif komparatif dengan metode pengumpulan data melalui interview. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masing-masing generasi cukup mudah untuk memahami fitur utama dari Grab dan Gojek, yang kemudian secara bertahap menguasai penggunaan utamanya. Namun terdapat beberapa persamaan dari generasi X dan
generasi Z dalam beradaptasi dan mengadopsi layanan transportasi Grab dalam hal efektivitas waktu, kemudahan mobilitas, keamanan, keuntungan penggunaan, perbandingan dengan layanan konvensional, serta kebaharuan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Anshari, A. (2022). Studi Kasus Adaptasi Generasi X dan Generasi Z terhadap Penggunaan Aplikasi Grab dan Gojek di Kota Malang. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 11(1), 44-57. https://doi.org/10.1234/lorong.v11i1.2109
Section
Author Guideline and Template