Studi Kasus Adaptasi Generasi X dan Generasi Z terhadap Penggunaan Aplikasi Grab dan Gojek di Kota Malang
Abstract
Ekonomi dan perubahan global dalam teknologi menekankan masyarakat untuk beralih pada e-commerce dan aplikasi berbasis digital. Adanya perubahan ini mempengaruhi dua generasi yang cukup jauh, terutama di Malang, yaitu generasi X dan generasi Z yang terkena dampak dari laju perkembangan modernisasi. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan mengenai proses adaptasi serta perbedaan dalam
proses penggunaan dan pemanfaatan layanan Grab dan Gojek antara generasi X dan generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif komparatif dengan metode pengumpulan data melalui interview. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masing-masing generasi cukup mudah untuk memahami fitur utama dari Grab dan Gojek, yang kemudian secara bertahap menguasai penggunaan utamanya. Namun terdapat beberapa persamaan dari generasi X dan
generasi Z dalam beradaptasi dan mengadopsi layanan transportasi Grab dalam hal efektivitas waktu, kemudahan mobilitas, keamanan, keuntungan penggunaan, perbandingan dengan layanan konvensional, serta kebaharuan teknologi.