Ritual “Bersih Desa” dalam Arus Modernisasi (Studi Pelestari Budaya di Desa Dinoyo, Malang)

  • Ichmi Yani Arinda Rohmah Sekretaris LKPM periode 2013
Keywords: Tradisi, Ritual, Bersih Desa

Abstract

Ritual”Clean Village” is onetraditionthat isstillpreservedby thesocietyinDinoyo, Lowokwaru, Malang. Based onresearch conductedbyqualitativedescriptiveapproachandexaminecase studiesmention thatculturalcommunitieswhile maintainingthe traditional values of ritual”Clean Village” as a motivator forpeople toacquiremore advancedlife. The results ofa descriptivequalitativestudynotonlydescribes theefforts ofthe communityto maintain the traditionalsoexplains the historyandmeaningofthe tradition of”Clean Village” which isimplementedin theroutineDinoyo.

Ritual “Bersih Desa” merupakan salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat di Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kabupaten Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan telaah budaya studi kasus menyebutkan bahwa masyarakat tetap mempertahankan nilai-nilai tradisi ritual “Bersih Desa” sebagai motivator masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang lebih maju. Hasil penelitian kualitatif deskriptif tidak hanya menjelaskan tentang upaya masyarakat mempertahankan tradisi juga menjelaskan sejarah dan pemaknaan dari tradisi “Bersih Desa” yang dilaksanakan secara rutinitas di Kelurahan Dinoyo.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-04-15
How to Cite
Rohmah, I. (2019). Ritual “Bersih Desa” dalam Arus Modernisasi (Studi Pelestari Budaya di Desa Dinoyo, Malang). LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 3(1). https://doi.org/10.1234/lorong.v3i1.237
Section
Author Guideline and Template