Metode Tabulasi Wazan (Inspirasi Belajar Shorof Mudah dan Praktis)

  • Agung Prasetiyo Direktur LKP2M periode 2013
Keywords: Bahasa Arab, Shorof, Tabulasi wazan

Abstract

Arabic language is an Islamic language due to Islamic percepts are based on Arabic language. Hence, learning Arabic language grammatically is a customary for those who learn it. The status quo in fact shows that grammatical Arabic language are commonly learned in boarding school or even in formal school. Based on data researched shows that Shorof (morphology) is considered difficult to be learned. This research is an experiment to examine “tabulasi wazan” method in order to prove whether this method is able to improve the students ability in learning shorof or not.

Bahasa Arab merupakan bahasa Islam karena sumber ajaran Islam berbahasa Arab.Oleh karena itu, mempelajari tata bahasa Arab adalah sebuah keniscayaan bagi setiap orang yang mempelajarinya.Fakta di lapangan menunjukkan bahawa tata bahasa Arab umumnya diajarkan di pondok pesantren maupun di sekolah formal.Data yang di dapat peneliti di lapangan menunjukkan bahwa shorofmasih menjadi hal yang masih dianggap sulit. Penelitian ini berupa eksperimen untuk menguji metode tabulasiwazan yang bertujuan untuk membuktikan apakah dengan metode tersebut dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dalam mempelajari shorof.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-04-15
How to Cite
Prasetiyo, A. (2019). Metode Tabulasi Wazan (Inspirasi Belajar Shorof Mudah dan Praktis). LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 3(1). https://doi.org/10.1234/lorong.v3i1.240
Section
Author Guideline and Template