Strategi Pemasaran Berbasis Influencer Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan di Aplikasi Tiktok

  • Ulfa Nadhiroh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: influencer, peningkatan omset, strategi pemasaran, aplikasi TikTok

Abstract

Pemasaran di era saat ini menjadi hal yang sangat penting dalam tajamnya tingkat persaingan dunia bisnis. Para pengusaha dituntut agar dapat menyesuaikan strategi pemasaran sehingga dapat terus mampu bersaing dengan para kompetitornya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi yang disebut dengan digital marketing. Strategi pemasaran berbasis digital dengan menggunakan influencer di media sosial terus meningkat setiap harinya. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah aplikasi TikTok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi influencer marketing di aplikasi TikTok dapat menarik perhatian calon konsumen dan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dalam meningkatkan omset penjualan di aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah sebanyak tiga orang pengusaha yang pernah menggunakan jasa influencer dengan bisnis di bidang makanan yang berdomisili di Kota Malang. Proses pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam secara online menggunakan aplikasi Whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan influencer sebagai media promosi di aplikasi TikTok benar dapat memberikan pengaruh peningkatan dalam keputusan pembelian. Maka dengan memanfaatkan influencer sebagai strategi pemasaran dalam menyampaikan informasi ketika melakukan promosi produk dapat meningkatkan omset penjualan para pengusaha.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-03-14
How to Cite
Nadhiroh, U. (2023). Strategi Pemasaran Berbasis Influencer Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan di Aplikasi Tiktok. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 11(2), 21-30. https://doi.org/10.1234/lorong.v11i2.2699
Section
Author Guideline and Template