Pengembangan RETEENA (The Reader for Tunanetra): Media Pembelajaran berbasis Mobile Learning sebagai Upaya mempermudah Membaca Buku pada Tunanetra di Sekolah Inklusif

Abstract

Masih banyak anak di Indonesia yang tidak bisa bersekolah. Tidak hanya anak reguler, Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK) termasuk di dalamnya karena masih kurangnya sekolah SLB
yang disediakan. Oleh karena itu Pemerintah berusaha agar ABK bisa bersekolah dengan
mengembangkan konsep sekolah inklusif. Namun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan
untuk anak berkebutuhan khusus salah satunya tunanetra. Tunanetra adalah gangguan
penglihatan. Mereka mendapatkan media pembelajaran yaitu buku yang sama dengan
anak reguler, dimana tidak adak huruf brille yang memudahkan anak tunanetra dalam
membaca. Mereka belajar harus menunggu pendamping untuk membacakan. Penelitian
ini menggunakan pendekatan pengembangan dan kuantitatif. Berdasarkan permasalahan
tersebut, penulis menawarkan sebuah solusi berupa RETEENA yaitu media pembelajaran
bagi penyandang tunanetra berbasis Mobile Learning yang dapat diaplikasikan dalam
handphone. Media pembelajaran ini bertujuan untuk memudahkan penyandang tunanetra
dalam membaca dan belajar.
Kata Kunci: Tunanetra, Sekolah Inklusif, Mobile learning, Aplikasi Reteena

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-01-04
How to Cite
Mulyawati, N., & At Thariq, Z. (2020). Pengembangan RETEENA (The Reader for Tunanetra): Media Pembelajaran berbasis Mobile Learning sebagai Upaya mempermudah Membaca Buku pada Tunanetra di Sekolah Inklusif. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 8(1). https://doi.org/10.1234/lorong.v8i1.398
Section
Author Guideline and Template