Pengaruh Motivasi Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UKM LKP2M UIN Malang

  • Ahmad Farid Aldi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Brilyanti Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Motivasi berorganisasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki motivasi berorganisasi yang tinggi, cenderung mencari keterlibatan dalam organisasi  untuk mencapai kepuasan dalam dirinya. begitu pula mahasiswa dengan prestasi tinggi cenderung mencari organisasi yang dapat memberikan kompensasi yang sepadan bagi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi berorganisasi mahasiswa UKM LKP2M UIN Malang terhadap prestasi belajar mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode berupa angket (kuesioner) untuk mengukur variabel motivasi berorganisasi dan nilai IPK untuk mengukur hasil prestasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari 30 mahasiswa aktif UKM LKP2M PRA 22-23 yang dipilih secara acak dari populasi mahasiswa UKM LKP2M UIN Malang. Analisis data dilakukan dengan Teknik analisis regresi untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan tidak adanya hubungan antara motivasi berorganisasi dengan motivasi belajar Adapun dari perhitungan uji regresi menunjukan nilai sig = 0.519 (sig > 0.05) Hal tersebut menunjukan bahwa tidak sepenuhnya motivasi berorganisasi dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa UKM LKP2M UIN Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-07-03
How to Cite
Aldi, A., & Khotimah, B. (2023). Pengaruh Motivasi Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UKM LKP2M UIN Malang. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 12(1), 64-74. https://doi.org/10.1234/lorong.v12i1.3980
Section
Author Guideline and Template