Teknik Modeling Sebagai Upaya Akselerasi Kemampuan Menulis Pada Anak Down Syndrome di SDN Kidul Dalem I
Abstract
Keterbatasan yang dimiliki oleh Anak berkebutuhan khusus, terutama dengan anak Downs
syndrome, juga memiliki hak dalam belajar. Terutama bagi anak Downs syndrome sendiri,
mengalami kesulitan dalam belajar dan juga adanya kesulitan dalam menulis. Penelitian
menggunakan teknik Modeling sebagai upaya akselerasi kemampuan dalam menulis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Rumusan masalah: pertama,
Bagaimana Penerapan Teknik Modeling Sebagai Upaya Akselerasi Kemampuan Menulis
Anak Downs Syndrome. Kedua, Bagaimana Hasil Dari Penerapan Teknik Modeling Sebagai
Upaya Akselerasi Kemampuan Menulis Anak Downs Syndrome. Dalam memberikan pelajaran
menulis pada anak yang berkebutuhan Downs syndrome harus melakukan tahapan dalam
mengenali bentuk tulisan terlebih dahulu kemudian memberikan penguatan bagaimana
bentuk tulisan huruf tersebut. Kemudian adanya pelafalan bunyi ketika menulis bentuk
huruf yang sedang dipelajari.
Kata Kunci: Downs syndrome, Teknik Modeling, Kemampuan Menulis