Aktualisasi Pengelolaan Keuangan oleh Mahasiswa Malang: Tantangan, Kebutuhan, dan Strategi Finansial

  • Diyah Isthi Ayu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nindy Dwi Royani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Pengelolaan Keuangan, Peran Orang Tua, Uang Saku

Abstract

Pengelolaan keuangan mahasiswa menjadi faktor penting agar tidak terjadi pengeluaran yang melebihi dari uang saku yang dimilikinya. Pengeluaran keuangan yang lebih besar dapat dipengaruhi karena adanya tantangan seperti kebutuhan mahasiswa, lingkungan pertemanan, kemajuan teknologi digital e-commerce, sistem menabung dan juga peran orang tua dalam memberikan pengetahuan pengelolaan keuangan.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur. Subjek penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa Perbankan Syariah UIN Malang dengan kriteria narasumber yang pernah mengikuti ma’had secara offline dan mahasiswa yang saat ini tinggal di pondok pesantren. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 2 dari 10 mahasiswa yang menjadi narasumber tidak memiliki perencanaan terhadap uang saku, sehingga pengeluaran mereka melebihi nominal uang saku yang dimilikinya. Terdapat 2 dari 10 mahasiswa yang konsisten menabung di awal, sedangkan lainnya lebih memilih untuk memenuhi kebutuhannya dahulu baru sisanya ditabung. Semua mahasiswa mendapatkan pengetahuan pengelolaan keuangan dari orang tua, baik dalam bentuk nasihat maupun perilaku keuangan orang tua. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Perbankan Syariah UIN Malang memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-23
How to Cite
Ayu, D., & Royani, N. (2023). Aktualisasi Pengelolaan Keuangan oleh Mahasiswa Malang: Tantangan, Kebutuhan, dan Strategi Finansial. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 12(2), 134-151. https://doi.org/10.1234/lorong.v12i2.6579
Section
Author Guideline and Template