Analisis Perilaku Pembelian Konsumtif Mahasiswa Malang terhadap Pakaian Thrifting

  • Wardatul Khumairoh
Keywords: Thrifting, konsumtif, keputusan pembelian

Abstract

Pakaian thrifting menjadi pakaian yang digandrungi mahasiswa tanpa memandang kelas sosial ekonomi di kampus, khususnya mahasiswa UIN Malang. Maraknya produk thrifting di perdagangan pakaian yang mayoritas menjual pakaian dengan harga lebih murah sering ditujukan pada sasaran konsumsi mahasiswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur kepada subjek mahasiswa UIN Malang dengan spesifikasi: laki-laki atau perempuan yang sering melakukan pembelian thrifting, berusia 18-23 tahun, dan berdomisili di kota Malang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa harga yang murah sangat mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa dengan tingkat ekonomi yang terbatas. Selain itu, pakaian thrifting berkualitas bagus, dengan merek yang branded masih layak pakai, serta harga terjangkau menjadi daya tarik mahasiswa. Keunikan model desain yang elegan dan eksklusif menjadi nilai plus produk thrifting sebagai alternatif pemenuhan tren fesyen mahasiswa. Kendati demikian, hal-hal tersebut memicu perilaku konsumtif yang dapat menimbulkan perekonomian mahasiswa memburuk saat tidak dikelola dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-23
How to Cite
Khumairoh, W. (2023). Analisis Perilaku Pembelian Konsumtif Mahasiswa Malang terhadap Pakaian Thrifting. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 12(2), 152-163. https://doi.org/10.1234/lorong.v12i2.6722
Section
Author Guideline and Template