Analisis Perilaku Pembelian Konsumtif Mahasiswa Malang terhadap Pakaian Thrifting
Abstract
Pakaian thrifting menjadi pakaian yang digandrungi mahasiswa tanpa memandang kelas sosial ekonomi di kampus, khususnya mahasiswa UIN Malang. Maraknya produk thrifting di perdagangan pakaian yang mayoritas menjual pakaian dengan harga lebih murah sering ditujukan pada sasaran konsumsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur kepada subjek mahasiswa UIN Malang dengan spesifikasi: laki-laki atau perempuan yang sering melakukan pembelian thrifting, berusia 18-23 tahun, dan berdomisili di kota Malang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa harga yang murah sangat mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa dengan tingkat ekonomi yang terbatas. Selain itu, pakaian thrifting berkualitas bagus, dengan merek yang branded masih layak pakai, serta harga terjangkau menjadi daya tarik mahasiswa. Keunikan model desain yang elegan dan eksklusif menjadi nilai plus produk thrifting sebagai alternatif pemenuhan tren fesyen mahasiswa. Kendati demikian, hal-hal tersebut memicu perilaku konsumtif yang dapat menimbulkan perekonomian mahasiswa memburuk saat tidak dikelola dengan baik.
Downloads
Copyright (c) 2023 Wardatul Khumairoh (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.