Konsep Kebijakan Fiskal Islami Sebagai Strategi Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

  • Riana Afliha Eka Kurnia Ekonomi­ dan ­Bisnis ­Universitas­ Airlangga Surabaya
  • Sri Herianingrum Ekonomi ­dan­ Bisnis ­Universitas ­Airlangga Surabaya
  • Tjiptohadi Sawarjuwono Ekonomi­ dan ­Bisnis ­Universitas ­Airlangga ­Surabaya
Keywords: Kebijakan Fiskal, Pembangunan Berkelanjutan, Kebijakan Fiskal Islam

Abstract

­Fiscal­policy­is­an­important­instrument­in­Indonesian­economy.­The­certain­fiscal­policy­program­couldbe­an­instrument­to­realize­the­goal­of­sustainable­development,­for­the­welfare­of­Indonesian­people.­Thepurpose­of­United­Nations­(UN)­resolution­about­sustainable­development­actually­is­not­too­differentfrom­the­concept­of­fiscal­policy­in­Islam.­Islamic­fiscal­policy­could­be­better­and­more­comprehensivethan­the­UN’s­sustainable­development­concept.­Furthermore,­tis­is­important­to­discuss­and­designan­Islamic­fiscal­policy­concept­to­be­applied,­and­become­an­instrument­to­implement­the­concept­ofsustainable­development­in­Indonesia.

Kebijakan fiskal merupakan salah satu instrumen penting dalam perekonomian Indonesia. Rancangan kebijakan fiskal yang tepat bisa menjadi salah satu alat untuk mewujudkan tujuan dari pembangunan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Tujuan dari resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pembangunan berkelanjutan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep kebijakan fiskal dalam Islam, kebijakan fiskal Islam bisa jadi lebih baik dan lebih luas manfaatnya dibandingkan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB. Oleh karena itu, penting untuk mendiskusikan dan merancang konsep kebijakan fiskal Islam yang sesuai untuk diterapkan, dan mampu menjadi alat untuk melaksanakan tujuan dari konsep pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-02-23
How to Cite
Kurnia, R., Herianingrum, S., & Sawarjuwono, T. (2018). Konsep Kebijakan Fiskal Islami Sebagai Strategi Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 5(1), 31-39. https://doi.org/10.1234/lorong.v5i1.84
Section
Author Guideline and Template