Strategi Branding Kopi Lokal Panderman Melalui Citra Pariwisata Kota Batu Studi Kasus Pada Kelompok Tani Margo Joyo, Dusun Srebet Timur, Batu.

  • Fadhil M
Keywords: Strategi Branding, Kelompok Tani Margo Joyo, Citra Pariwisata Kota Batu

Abstract

This study aims to create a branding strategy for local Panderman coffee through the image of Batu City
tourism. The background of this research is because Batu City is one of the tourist destinations in East
Java which is surrounded by mountainous areas. On one of the slopes of a mountain in Batu City, namely
Mount Panderman, there are coffee plants with arabica and robusta types. One of the variants is Yellow
Caturra or yellow coffee with the characteristics of a larger fruit with yellow cherry beans. However,
local coffee is not well known by the wider community. This is due to the lack of support from the Batu
City Tourism Office for the Margo Joyo Farmer Group, especially in the post-harvest follow-up aspect.
So that the coffee harvested by the Margo Joyo Farmers Group has difficulty entering the market. The
image of Batu City as a Tourism City can help raise the image of Panderman local coffee as a distinctive
commodity. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques
used are observation, interviews, and literature study. The object of research is the Margo Joyo Farmer’s
Group. The results of the study indicate that an elemental entity is needed that can associate local
product brands with their area of origin including names, terms, signs, symbols, and product designs.
The elements in the branding strategy include brand positioning, brand identity, and brand personality.
So that if the three elements above are applied, Margo Joyo Farmers Group coffee products can show the
superiority (specificity) of Panderman local coffee with competitors, able to convey messages that can
shape consumer perceptions about Panderman local coffee, and able to increase consumer attractiveness
through the image attributes of Batu City tourism.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan strategi branding pada kopi lokal Panderman melalui
citra pariwisata Kota Batu. Latar belakang penelitian ini karena Kota Batu merupakan salah satu
destinasi wisata di Jawa Timur yang dikelilingi oleh wilayah pegunungan. Pada salah satu lereng
gunung di Kota Batu, yaitu gunung Panderman, terdapat tanaman kopi dengan jenis arabica dan
robusta. Salah satu variannya yaitu Yellow Caturra atau kopi kuning dengan ciri-ciri buah lebih
besar dengan cherry bean berwarna kuning. Namun, kopi lokal tersebut belum cukup dikenal oleh
masyarakat luas. Hal ini disebabkan kurangnya dukungan Dinas Pariwisata Kota Batu terhadap
Kelompok Tani Margo Joyo, terutama dalam aspek tindak lanjut pasca panen. Sehingga kopi yang
dipanen oleh Kelompok Tani Margo Joyo kesulitan memasuki pasar. Padahal dengan citra Kota Batu
sebagai Kota Pariwisata mampu ikut mengangkat citra kopi lokal Panderman sebagai komoditas
khas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Objek penelitian
adalah Kelompok Tani Margo Joyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan entitas elemen
yang dapat mengasosiasikan brand produk lokal dengan daerah asalnya meliputi nama, istilah,
tanda, symbol dan desain produk. Entitas elemen dalam strategi branding tersebut diantaranya brand
positioning, brand identity dan personality brand. Sehingga apabila ketiga entitas elemen diatas diterapkan,
produk kopi Kelompok Tani Margo Joyo mampu menunjukkan keunggulan (kekhasan) kopi lokal Panderman dengan pesaing, mampu menyampai pesan yang dapat membentuk persepsi konsumen
tentang kopi lokal Panderman dan mampu menambah daya tarik konsumen melalui atribut citra
pariwisata Kota Batu.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-12-30
How to Cite
M, F. (2021). Strategi Branding Kopi Lokal Panderman Melalui Citra Pariwisata Kota Batu Studi Kasus Pada Kelompok Tani Margo Joyo, Dusun Srebet Timur, Batu. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 8(2), 173 - 182. https://doi.org/10.1234/lorong.v8i2.944
Section
Author Guideline and Template