Peningkatan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Online: Telaah Teori Pedagogi Kritis Paulo Freire

  • Eka Rohmatun Nazilah
  • Riski Kurniawan
Keywords: Pembelajaran Online, Pedagodi Kritis, Mahasiswa

Abstract

Students’ critical thinking patterns disposed of experience in significant degradation, especially in the digitalbased learning period (online). Critical thinking can be formed the independent students and being aware
of reading social reality in the middle of society. Here is the importance of training the capacity of thought.
This study will identify a dialogical and critical communication approach between lecture and student
in university. This research was qualitative research or library research. The researcher collected data by
reducing, reviewing, and concluding based on the data obtained from noting and short analysis to solve
students’ critical thinking. In addition, students’ learning patterns on online learning can solve the problem
that the world is facing today. However, students’ awareness of the importance of critical thinking is still very
least and has not yet achieved the target.

Pola berfikir kritis mahasiswa cenderung mengalami degradasi yang signifikan, utamanya pada
masa pembelajaran berbasis digital (online). Berpikir kritis dapat membentuk mahasiswa
yang mandiri dan sadar dalam membaca realita sosial yang terjadidi tengah masyarakat
.pendidikan berbasis digital dinilai penting melatih daya pikir. Penelitian ini akan mengkaji
pola penyadaran berfikir kritis mahasiswa dengan menghadirkan pembelajaran yang tidak
satu arah antara dosen dan mahasiswa,dengan kata lain pembelajaran harus komunikatif
dan dialogis. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research\). Peneliti
mengumpulkan data dengan mereduksi, mengkaji dan memberikan kesimpulan atas buku
dan jurnal yang telah didapatkan dari mencatat dan menguraikan dengan singkat guna
mendapatkan jawaban terhadap permasalahan berfikir kritis mahasiswa. Hasilnya, pola
pembelajaran mahasiswa berbasis online dinilai dapat menjadi solusi atas permasalahan yang
dihadai dunia saat ini. Namun, kesadaran mahasisawa terhadap pentingnya berfikir kritis
masih sangat minim dan belum mencapai target.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-12-30
How to Cite
Nazilah, E., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Online: Telaah Teori Pedagogi Kritis Paulo Freire. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya, 9(1), 29 - 42. https://doi.org/10.1234/lorong.v9i1.946
Section
Author Guideline and Template