IMPLEMENTASI PEMBACAAN SURAH YASIN (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR’AN AL-MUQRROBIN-LAWANG)

  • Titin Hurniati UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Keywords: Implementasi; Yasin; Living Qur’an.

Abstract

Abstrak:

 Pondok Pesantren al-Muqorrobin merupakan salah satu pondok pesantren tahfidzil Quran yang dirikan pada tahun 1990 oleh K.H. Ibrahim Amari dan Surah yasin lah yang menjadi salah satu surah pilihan yang diwajibkan untuk diamalkan di Pondok al-Muqorrobin setiap hari setelah magrib. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejarah dan tradisi pembacaan surah yasin di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an al-Muqorrobin dan bagaiamana implementasi dan makna pembacaan surah yasin di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an al-Muqorrobin berdasarkan pengalaman yang dirasakan para santri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dan menggunakan pendekatan sosiologi pengetahuan, sumber data primernya adalah dari hasil wawancara dengan pengasuh, pengurus dan beberapa santri. Sedangkan data sekundernya adalah dari jurnal, artikel, skripsi yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengamalan amalan membaca surah yasin ini ternyata memiliki dampak yang baik untuk para santri, salah satunya adalah menyebabkan ketenangan jiwa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, ada tiga kategori yaitu: pertama, makna objektif adalah tradisi yang turun temurun dari guru beliau yaitu KH. Mufid dan salah satu kegiatan yang rutin dalam rangka pembaisaan diri untuk membangun konsisten pada diri santri. Kedua, makna ekspresif adalah sarana berdoa supaya doa dan hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT dan ampuni segala dosa-dosa yang telah diperbuat. Dan terakhir, makna Dokumenternya sebagai usaha untuk menjadikan kebiasaan dalam membaca surah yasin dan mengistiqomahkan dalam mengamalkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Hamka, Hamka. 2020. “Sosiologi Pengetahuan: Telaah Atas Pemikiran Karl Mannheim”. Scolae: Journal of Pedagogy 3. diakses pada 20 Mei 2023. https://doi.org/10.56488/scolae.v3i1.64.
Roiawan, Agus. 2019. “Tradisi Pembacaan Yasin (Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Kedung Kenong Madiun)”. Skripsi: Jurusan Ilmu Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Suparyanto dan Rosad. 2020. “TRADISI PEMBACAAN SURAT AL-WᾹQI’AH DI MDA ALIKHLAS DESA RAJASINGA KECAMATAN TERISI KABUPATEN INDRAMAYU (Kajian Living Qur’an)”.
Husna, Luthfatul. 2020. “TRADISI PEMBACAAN SURAT AL-WAQI ’ AH DAN SURAT AL-MULK DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL HIKAM II KARANGGAYAM BLITAR JAWA TIMUR”. Jurnal Ulunnuha.
Wiantoro, Indra. 2020. “TRADISI PEMBACAAN SURAH YASIN DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG PUTRA KARANGWARU TAMANAN TULUNGAGUNG”. Kaos GL Dergisi. diakses pada 20 Mei 2023. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Aht p://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391 0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

PlumX Metrics

Published
2024-03-04