TELAAH NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM SERIAL ANIMASI UPIN-IPIN MUSIM SEPULUH

Pesta Cahaya Serta Implikasinya Terhadap Buku Pedoman Moderasi Beragama Kementerian Agama Republik Indonesia

  • Tania Nafida A UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Putri Bayu H UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Adib Dzulfahmi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Moderasi Beragama, Serial Animasi Upin dan Ipin

Abstract

Religious moderation is an effort to deal with differences in religion. Religious moderation can be interpreted as a moderate attitude towards differences and diversity. Moderari religion means trying to take a middle or neutral position between two views or differences and is an attitude that seeks to listen to each other and can live in a society full of diversity properly. In this study, we will analyze the value of moderation in the animated series Upin-Ipin and relate it to the religious moderation manual issued by the Indonesian Ministry of Religion. This study aims to determine whether the value of moderation displayed in the animated series Upin-Ipin season ten "Pesta Cahaya" is in accordance with the indicators and limits of religious moderation set by the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia in its book. Moreover, this series has indirectly become the mecca of religious behavior for children in Indonesia as lovers of the animation. This research proves that the animated series Upin and Ipin Season Ten: Pesta Cahaya is included in moderation in accordance with the Ministry of Religion's moderation manual. This study uses a type of library research with content analysis in the form of a qualitative descriptive approach.

ABSTRAK

Moderasi beragama adalah salah satu upaya menghadapi perbedaan dalam beragama. Moderasi beragama dapat dimaknai sikap moderat terhadap adanya perbedaan dan keberagaman. Moderasi beragama berarti berusaha mengambil posisi tengah atau netral diantara dua pandangan atau perbedaan dan merupakan sikap yang berupaya untuk saling mendengarkan serta bisa hidup bermasyarakat yang penuh keberagaman dengan baik. Dalam penelitian ini, kita akan menganalisis nilai moderasi yang ada dalam serial animasi Upin-Ipin dan mengaitkannya dengan buku pedoman moderasi beragama yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan nilai moderasi yang ditampilkan dalam serial animasi Upin-Ipin musim sepuluh “Pesta Cahaya” sudah sesuai dengan indikator serta Batasan moderasi beragama yang ditetapkan Kementerian Agama RI dalam bukunya. Terlebih lagi serial ini secara tidak langsung menjadi kiblat perilaku beragama bagi anak-anak di Indonesia selaku penikmat animasi tersebut. Dalam penelitian ini membuktikan bahwa serial animasi Upin dan Ipin Musim Sepuluh: Pesta Cahaya termasuk dalam moderasi yang sesuai dengan buku pedoman moderasi Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan analisis isi (content analysis) berupa metode pendekatan deskriptif kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Dudung. “Musyawarah Dalam Al-Quran (Suatu Kajian Tafsir Tematik).” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 3, no. 2 (2014): 242–53.

Abror, Muhammad. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam Dan Keberagaman.” Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2020): 153.
Agama, Kementerian. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.

Amri, Faradila. “Peran Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin Sebagai Tiruan Anak Pra Sekolah.” Al-Muzakki 1, no. 1 (2019): 49–59.

Bakar, Abu. “Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama.” Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 7, no. 2 (2016): 123–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/trs.v7i2.1426.

Bawono, Gita Andini. “Pesan Moral Dalaam Serial Kartun Animasi Upin Dan Ipin Episode ‘Istimewa Hari Ibu.’” Digital Repository Universitas Jember 4, no. 2 (2017): 33–46.

Bloxham, Sue, Clair Hughes, and Lenore Adie. “What’s the Point of Moderation? A Discussion of the Purposes Achieved through Contemporary Moderation Practices.” Assessment & Evaluation in Higher Education 41, no. 4 (May 18, 2016): 638–53. https://doi.org/10.1080/02602938.2015.1039932.
FKUB, Tim Penulis. Kapita Selekta Kerukunan Umat Beragama. Semarang: Fkub, 2009.

Hamdi, Saibatul, Munawarah Munawarah, and Hamidah Hamidah. “Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama Di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi Untuk Membangun Harmonisasi.” Intizar 27, no. 1 (2021): 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191.

Ibrahim, M. Kasir. Kamus Arab Indonesia Indonesia Arab. Surabaya: Apollo Lestari, 2014.

Izaniyah, Shimfiyah, Ika Ratih Sulistiani, and Mutiara Sari Dewi. “Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Film Animasi Upin Dan Ipin Episode Mulanya Ramadhan Dan Episode Ikhlas Dari Hati.” JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2021): 67–80.

Karim, Hamdi Abdul. “Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil’Alamin Dengan Nilai-Nilai Islam.” Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 4, no. 01 (2019): 1–20.

Lukman Haris Firmansah, Muhammad. “Memahami Nilai Spiritual Dalam Film Upin- Ipin Sebagai Tayangan Yang Layak Ditonton Anak Usia 2 - 6 Tahun.” Jurnal Program Studi PGRA 4, no. 1 (2018): 51–67.

Malik, Jafar, and M Darojat Ariyanto. “Konsep Syura Dalam Al-Qur’an (Telaah Tafsir Al-Qurthubi).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75088.

Nilasuwarna, Naning. “Perilaku Sosial Anak Yang Senang Menonton Film Kartun Upin Dan Ipin.” Al-Athfal 2, no. 2 (2020): 66–78.

Pasrah, Romi, Nana Ganda, and Ahmad Mulyadiprana. “Nilai-Nilai Karakter Yang Terdapat Dalam Film Animasi Upin Dan Ipin Episode ‘Jembatan Ilmu.’” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 3 (2020): 152–64.

Pratiwi, Putri Septi, Mia Putri Seytawati, Ahmad Fauzan Hidayatullah, Ismail Ismail, and Tafsir Tafsir. “Moderasi Beragama Dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok).” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 6, no. 1 (2021): 83–94. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959.

Putra, Lingga Ananta Kusuma, Gede. “Popularitas Animasi Upin Ipin Pada Anak-Anak Di Bali.” Nawala Visual 1, no. 2 (2019): 122–26.

Putri, Rizkiana. “Nilai - Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin Dan Ipin.” Jurnal Educatio 7, no. 3 (2021): 1253–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401.

Qardhawi, Yusuf. Membelah Islam “Ekstrem.” Bandung: Mizan Pustaka, 2001.

Shihab, M Quraish. Wasathiyyah Wawasan Islam Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati Group, 2019.

———. Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka, 1996.

Syafri, Samsudin. “Konsep Moderasi Islam Prespektif M. Quraish Shihab Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer,” 2021.

Syams, Nur. Tantangan Multikulturalisme Indonesia. Yogyakarta: Kanisius, 2019.

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Zamimah, Iffati. “Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan.” Jurnal Al-Fanar 1, no. 1 (2018): 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.33511/alfanar.v1n1.75-90.

PlumX Metrics

Published
2022-02-25
How to Cite
Nafida A, T., Bayu H, P., & Dzulfahmi, A. (2022). TELAAH NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM SERIAL ANIMASI UPIN-IPIN MUSIM SEPULUH. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 42 - 61. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i1.1083