PENDIDIKAN KARAKTER : Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Nubuwwah Pada Siswa di Aqobah International School Jombang

  • Nur Laila Zhulaikah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Strategy; Teacher; Nubuwwah Character;, Strategi , Guru , Karakter Nubuwwah

Abstract

Character can be interpreted as innate, heart, soul, personality, character, behavior, personality, nature, character, temperament, and character. For the discussion of the term character in Islam, it is related to the characteristics of the Prophet Muhammad SAW the uswatun hasanah, among the noble characteristics of the Prophet Muhammad are the characteristics of Shiddiq, amanah, fathonah, and tabligh. Teachers as educators are also expected to have the right strategy in shaping the character of students. This study aims to: (1) find out the description of the Nubuwwah Character as a teacher strategy in character building for students at Aqobah International School Jombang (2) find out the supporting and inhibiting factors in the implementation of the Nubuwwah Character formation strategy (3) find out the implications of the teacher's strategy in the formation of Nubuwwah Character in students at Aqobah International School Jombang The approach used in this research is a qualitative approach and the type of descriptive research. Primary data sources were taken from teachers at Aqobah International School Jombang, principals, teachers in the curriculum field, class X students. Data collection techniques in this study were based on interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses the theory of Miles and Huberman. The results of this study indicate that: (1) the strategies used by teachers both in the field of subjects and in the field of curriculum a. Using appropriate learning media, b. Using exemplary methods, c. Training students' discipline during learning, d. Using school specialization/extracurricular methods, 5) Establishing open relationships (2) Nubuwwah character reflected in the learning process, namely Siddiq: Contribution spirit, honest in work, Amanah: Responsible for assignments or assignments, on time, Fathonah: Able to digest material (responsive), Tabligh: Communicative, helping friends, (3) Supporting factors of the application of teacher strategies in shaping the character of Nubuwwah in students include easy access to technology, teacher resources, system management at Aqobah International School Jombang, while the inhibiting factors include: come from the students themselves and the technical problems in implementing the strategy.

 

Abstrak

Guru sebagai pendidik sekaligus diharapkan memiliki strategi yang tepat dalam membentuk karakter kepada siswa.Untuk bahasan istilah karakter dalam agama Islam dihubungkan kepada sifat-sifat Rasulullah Muhammad SAW sang uswatun hasanah , diantara sifat atau karakter mulia Rasulullah SAW adalah sifat Shiddiq, Amanah, Fathonah, Dan Tabligh. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter Nubuwwah pada siswa di Aqobah International School Jombang (2) mengetahui implikasi dari strategi guru dalam pembentukan Karakter Nubuwwah pada siswa di Aqobah International School Jombang (3) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pembentukan karakter Nubuwwah.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) strategi yang dilakukan guru baik di bidang mata pelajaran maupun bidang kurikulum a. menggunakan media pembelajaran yang tepat, b.menggunakan keteladanan, c.melatih kedisiplinan siswa saat pembelajaran, d. menggunakan spesialisasi/ ekstrakurikuler sekolah, 5)Menjalin hubungan yang terbuka (2) Karakter Nubuwwah yang tercermin dari proses pembelajaran yakni Siddiq : Semangat kontribusi, jujur dalam berkarya, Amanah: Bertanggung jawab atas assignment atau tugas yang diberikan,tepat waktu Fathonah : Mampu mencerna materi (responsif), Tabligh : Komunikatif, saling membantu teman , (3) Faktor pendukung dari penerapan strategi guru dalam pembentukan karakter Nubuwwah pada siswa diantaranya kemudahan akses teknologi, sumber daya guru , manajemen sistem di Aqobah International School Jombang, sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah berasal dari siswa itu sendiri dan masalah-masalah teknis dalam menerapkan strategi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto, Heri . Profesi Keguruan (Banjarmasin : Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkura. 2020

Muslimin, Erwin . dkk. Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 2 . No 1

https://almanhaj.or.id/1299-ahlus-sunnah-wal-jamaah-mengajak-manusia-kepada-akhlak-yang-mulia-dan-amal-amal-yang-baik.html ( diakses pada 26-11-2021 pukul 15.30)

BEM Rema UPI, Fakta Dibalik Anak Indonesia: Indonesia Gawat Darurat Pendidikan Karakter (http://bem.rema.upi.edu/fakta-dibalik-anak-indonesia-indonesia-gawat-darurat-pendidikan-karakter/, diakses 13 Oktober 2021 jam 20.19

Hasyim, M. . Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran . Jurnal Auladuna, Vol. 1 No. 2. 2014

Fauzi, Imron . 2018 . Etika Profesi Keguruan . Jember: IAIN Jember Press

Suyitno, Imam . Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal , Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II, Nomor 1, 2012

Musyrifin, Zaen. Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah Dalam Konseling Behavioral. Jurnal Bimbingan Konseling Islam: Al Irsyad, Vol 11 Nomor 2. 2020

Yuliatun, Implementasi Nilai Kenabian Dalam Penyiaran Islam, AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam

Daviq Chairilsyah, Metode Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini, Educhild Vol. 5 No. 1 Tahun 2016

Alfi Rachmah Hidayah, Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dengan Teknik Modeling, Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital”

Sakdiah, Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis Filosofis ) Sifat-Sifat Rasulullah. Jurnal Al-Bayan / Vol. 22 No. 33 Januari - Juni . 2016

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Penerbit Alfabeta. 2019

Aswan, Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM, Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2016

Sri Maieyena, Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warming, Jurnal Ta’dib, Volume 17, No. 2 (Desember 2014)

Taklimudin, Metode Keteladanan Pendidikan Islam dalam Persfektif Quran , Belajea : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, 2018

Ali Mustofa, Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam, Cendekia : Jurnal Studi Keislaman

Kurniawati, Peningkatan kedisiplinan melalui metode reward and punishment pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran, Jurnal Foundasia Volume 12, No 1, 2021 (9-19)

Anggit Setiyoko, Sumaryati , Bentuk-Bentuk Kedisiplinan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Ppkn Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019, Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. x, No. x, Juli 2019

Yayan Inriyani, Wahjoedi, Sudarmiatin, Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips, Skripsi , Universitas Negeri Malang

Prawidya Lestari dan Sukanti, Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta), Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Februari 2016

Fitriati Badiah Purnamasari, Hubungan Antara Guru Dan Orang Tua Melalui Program Parenting Perkembangan Anak, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 13, No. 1, 2019

Munir , Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi, Bandung : Penerbit Alfabeta. 2009

Ahdar Djamaluddin, Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Jakarta: Penerbit CV Kaaffah Learning Center. 2019

PlumX Metrics

Published
2022-10-20
How to Cite
Zhulaikah, N. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER : Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Nubuwwah Pada Siswa di Aqobah International School Jombang. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 188-207. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i2.1321