PENGARUH PROGRAM X-SCHOOL OLEH XK-WAVERS TERHADAP PEMBENTUKAN KESADARAN BERAGAMA ISLAM BAGI PECINTA KOREA

  • Afifah Rafidatikna Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Program, Pembentukan, Kesadaran Beragama

Abstract

This study analyzes the X-School Program on the formation of religious awareness for Korean lovers. The problem raised in this study is that many young Indonesians, the majority of whom are Muslims, actually show their alignment with Korean culture. Something that is actually entertainment is starting to be used as a new mecca in living life even though there are many teachings from Korean culture which in practice are actually contrary to Islamic teachings. This research utilizes a quantitative research approach with the type of ex post facto research. This study aims to determine the X-School program implemented by XK-Wavers, to explain the condition of Islamic awareness of Korean lovers who follow the X-School program, and to determine the effect of the X-School program on the formation of Muslim awareness of Korean lovers who follow the X-School program. -School. The findings in this study indicate that the X-School Program conducted by XK-Wavers is in the good category, the religious awareness of the alumni of the X-School program is categorized as good, and the X-School Program has an influence of 42.1% on the formation of Islamic awareness for alumni X-School program.

 

Abstrak

Penelitian ini menganalisis Program X-School tehadap pembentukan kesadaran beragama bagi pecinta Korea. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah karena banyaknya generasi muda Indonesia yang mayoritas adalah muslim justru memperlihatkan keberpihakannya pada budaya Korea. Sesuatu yang sejatinya hiburan mulai dijadikan sebagai kiblat baru dalam menjalani kehidupan meskipun terdapat banyak ajaran dari budaya Korea yang dalam praktiknya justru bertolak belakang dengan ajaran Islam. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program X-School yang dilaksanakan oleh XK-Wavers, untuk menjelaskan kondisi kesadaran beragama Islam pecinta Korea yang mengikuti program X-School, dan untuk mengetahui pengaruh program X-School terhadap pembentukan kesadaran beragama Islam pecinta korea yang mengikuti program X-School. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Program X-School yang dilakukan oleh XK-Wavers masuk dalam kategori baik, kesadaran beragama alumni program X-School dikategorikan baik, dan Program X-School memberikan pengaruh sebesar 42,1% terhadap pembentukan kesadaran beragama Islam bagi alumni program X-School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Nella. “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa.” In Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1–2. Yogyakarta: UAD Press, 2021.

Apriliani, Rosi, dan Rizki Setiawan. “Konstruksi Konsep Diri Mahasiswi Penggemar Budaya Populer Korea.” Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika 5, no. 2 (2019).

Bobyreva, Ekaterina, Marina Zheltuhina, Olga Dmitrieva, dan Maryana Busygina. “Role and Place of Religious Consciousness in Culture Formation.” SHS Web of Conferences, 2018. https://www.shs-conferences.org/articles/shsconf/abs/2018/11/shsconf_cildiah2018_01035/shsconf_cildiah2018_01035.html.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Ghozi, Saiful, dan Aris Sunindyo. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Ghufron, M. Nur, dan Rini Risnawita. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Gumati, Redmon Windu, dan Juharah. Psikologi Agama (Telaah Terhadap Perkembangan Studi Psikologi Agama Kontemporer). Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.

Hanum, Syarifah. “Hubungan Harga Diri Dan Pertimbangan Moral Dengan Kesadaran Beragama Pada Siswa Sma Perguruan Panca Budi Medan.” In Neurofeed: Enhanching Brain Function in Industrial Revolution 4.0. Medan, 2019.

Jaya, I Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak hebat Indonesia, 2020.

Kermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.

“Kurikulum X-School 2021.” Diakses 23 Oktober 2021. https://xkwavers.id/xschoolseason4.

Mardizal, Jonni. Membangun Ekonomi Kreatif Pemuda. Jakarta: Lembaga Kreasi Pemuda Nusantara (LKPN), 2017.

Naim, Fuadh. Pernah Tenggelam. Jakarta Barat: Alfatih Press, 2021.

Panjawa, Jihad Lukis, dan RR. Retno Sugiharti. Pengantar Ekonometrika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis Untuk Sosial-Ekonomi. Magelang: Pustaka Rumah C1nta, 2021.

“Penggemar ‘Hallyu’ Akan Capai 100 Juta Orang di Seluruh Dunia.” KBS World, 2020. http://world.kbs.co.kr/service/news_view.htm?lang=i&Seq_Code=57452.

Prasanti, Rahayu Putri, dan Ade Irma Nurmala Dewi. “Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja.” Lectura: Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31857/s0320930x20040088.

Setyowibowo, Bhekti. “Culturepreneur, Bentuk dari Invasi Ekonomi Kreatif Industri Hiburan dalam Menghadapi Asean Economic Community.” In Prosiding Seminar Nasional. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sun-hwa, Dong. “Number of hallyu fans around the world surpasses 100 million.” The Korea Times, 2021.

https://www.koreatimes.co.kr/www/culture/2021/07/703_302463.html.

Susanti, Dewi Sri, Yuana Sukmawaty, dan Nur Salam. Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV IRDH, 2019.

The Korean Wave A New Pop Culture Phenomenon. Spanyol: Korean Culture and Information Service, 2011.

Triadanti. “Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota?” IDN Times, 2019.

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota/13.

“X-Traordinary Korean Wavers.” Diakses 23 Oktober 2021. https://www.instagram.com/xkwavers/.

Yosepha Pusparisa. “Berkah Ekonomi Korea dari Demam Drakor Saat Pandemi - Analisis Data Katadata.”

Katadata.co.id, 30 November 2020. https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5fc1e1a0e4d3d/berkah-ekonomi-korea-dari-demam-drakor-saat-pandemi.

PlumX Metrics

Published
2022-07-04
How to Cite
Rafidatikna, A., & Amrullah, A. M. (2022). PENGARUH PROGRAM X-SCHOOL OLEH XK-WAVERS TERHADAP PEMBENTUKAN KESADARAN BERAGAMA ISLAM BAGI PECINTA KOREA. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 144-160. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i2.1434