PEMANFAATAN MEDIA TIK TOK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 LAWANG

  • Dewinta Nisa Nadiva Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Utilization, Tik Tok Media, and Islamic Religious Education

Abstract

In the world of learning in this modern era, a variety of existing media is needed to be used properly. Because with the media in addition to making students unsaturated can also help their understanding of learning. One of the newly implemented media and few teachers is tik tok media. Where tik tok is a viral medium, which is now PAI teacher at SMAN 1 Lawang apply in helping lessons. The method used in this research is a type of qualitative research through a descriptive approach. In data collection researchers use methods of interviewing, observation and documentation. The results showed that: (1) Students are more responsive when asking and answering questions when using tik tok media. Even when they were told to make tik tok media, they were very enthusiastic even though it was related to the lesson. (2) In learning using tik tok media there are two factors, namely supporting factors and inhibitors. Supporting factors such as: mastery of a teacher's material, students are more excited, students are easy to accept and understand the material. (3) Inhibitory factors such as: the sound in the video suddenly disappears, the file is too large so it cannot be uploaded, tik tok video creation cannot be done at the time of learning.

 

Abstrak

Dalam dunia pembelajaran di era modern ini, diperlukan berbagai macam media yang ada untuk digunakan dengan baik. Karena dengan adanya media selain membuat siswa-siswi tidak jenuh juga dapat membantu pemahaman mereka terhadap pembelajaran. Salah satu media yang baru diterapkan dan sedikit guru yakni media tik tok. Dimana tik tok merupakan media viral, yang kini guru PAI di SMAN 1 Lawang menerapkan dalam membantu pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan menunjukkan bahwa: (1) Siswa lebih tanggap ketika bertanya dan menjawab pertanyaan ketika menggunakan media tik tok. Bahkan mereka saat disuruh membuat media tiktok, mereka sangat antusias sekalipun berkaitan dengan pelajaran. (2) Di dalam pembelajaran menggunakan media tik tok terdapat dua faktor yakni faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung seperti: penguasaan materi seorang guru, siswa lebih bersemangat, siswa mudah dalam menerima dan memahami materi. (3) Faktor penghambatnya seperti: suara yang ada di video tiba-tiba hilang, file terlalu besar sehingga tidak dapat diupload, pembuatan video tik tok tidak dapat dilakukan pada saat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Wisnu Nugroho, Dwi Bambang Putut Setiyadi. “APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA.” METAFORA VI (2020): 151.

AM, Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Anawir, Basyirudin Usman dan. Media Pembelajaran. Jakarta: Diputat Pers, 2002.

Anwar, Rosihan. Asas Kebudayaan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Demmy Deriyanto. “Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tik Tok.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 7 (2018): 78.

Dimyati, Midjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Hetty krisniani Fadhliza T.F. “Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme.” Social Work Journal 10 (2020): 200.

RI, Departemen Agama. Pedoman Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Dijen Kelembagaan Agama Islam, 2004.

Rohani, Amhad. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.

Sari, Ilmika. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying.” IAIN Bengkulu, 2019.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.

Widiastuti, Anik. Studi Eksplorasi Tentang Motivasi Mahasiswa Ekonomi FISE Angkatan 2003 Dalam Menulis Skripsi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: FISE UNY, 2007.

Winarno, S. Hiperealitas Tiktok. Koran Opini Jawa Pos, 2018.

PlumX Metrics

Published
2022-06-21
How to Cite
Nadiva, D. (2022). PEMANFAATAN MEDIA TIK TOK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 LAWANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 136-143. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i2.1457