PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN SANTRI DI TPQ DARUL KAROMAH MALANG

  • Laili Faiqoti Alfaini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Read-Listen Classical Learning Model, Ummi Method, Quality of Reading and Writing Al-Quran

Abstract

More than being a source of reading, Al-Qur'an is used as a reference for Islamic teachings. Al-Qur'an is used as a way of life which contains various instructions for human life. Several methods have been developed to encourage the spirit of learning Al-Qur'an. In further, a learning model emerged at the TPQ (Al-Quran Education) aims to build the students ability in writing and reading the Qur'an correctly and appropriately as the rules or tajwid and makharijul huruf. As far we know, there are many learning methods applied to facilitate the Qur'an learning process. Recently, a widely-used method is Ummi method.

This study aims to find out the read-listen classical learning model implementation of Ummi method in improving the students' reading and writing quality of the Qur'an; and the results of Ummi method implementation in improving the students' reading and writing quality of the Qur'an at TPQ Darul Karomah Malang.

This study uses a qualitative approach, with the type of qualitative descriptive research. Data collection techniques are interviews, observations, and documentation.

The results of this study show that (1) The read-listen classical learning model includes 4 learning sessions. First, it begins with the opening, next by memorization, then classical demonstration, evaluation and ends with closing. (2) Ummi method scoring system is carried out in 2 ways. The daily scoring in the student achievement book and the level-up assessment in every 3 months. The classical read-listen learning model, Ummi method, is effective for appropriate classes, because the classical reading and listening learning model requires high focus and concentration in the process of learning.

 

Abstrak

Selain menjadi sumber bacaan Al-Quran juga dijadikan rujukan ajaran Islam. Maksudnya, Al-Quran dijadikan pedoman hidup yang didalamnya terkandung berbagai petunjuk untuk kehidupan manusia. Untuk membantu mewujudkan semangat belajar Al-Quran, sudah banyak jalan yang ditempuh. Pada perkembangan selanjutnya munculah model pembelajaran yang berlangsung di TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) yang bertujuan menjadikan seorang santri bisa menulis serta membaca al-Qur’an secara benar dan baik sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid serta makharijul huruf. Seperti yang telah kita ketahui, selama ini banyak sekali metode pembelajaran yang digunakan untuk memudahkan dalam proses belajar Al-Quran. Salah satu metode yang saat ini banyak digunakan salah satunya adalah metode Ummi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran klasikal baca simak metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Quran dan bagaimana hasil penerapan model pembelajaran klasikal baca simak metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Quran di TPQ Darul Karomah Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Penerapan model pembelajaran klasikal baca simak dilakukan dengan 4 sesi pembelajaran. Yakni sesi pertama diawali dengan pembukaan, kemudian hafalan, kemudian klasikal peraga, kemudian evaluasi dan diakhiri penutup. (2) Sistem penilaian dalam metode Ummi dilakukan dengan 2 cara. Yakni nilai harian yang dituliskan dalam buku prestasi santri dan penilaian kenaikan jilid yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Model pembelajaran Klasikal Baca Simak metode Ummi terbilang efektif ketika dipraktekkan di kelas yang sesuai, karena model pembelajaran klasikal baca simak membutuhkan fokus dan konsentrasi belajar yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, Abas. 2019. "Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam)." Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 6 (1).

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV. Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Modul Sertifikasi Guru Al-Quran Metode Ummi,. n.d.

Munthe, Ashiong P, “Pentingya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat”, Scholaria, Vol. 5, No. 2, Mei 2015

PlumX Metrics

Published
2022-09-15
How to Cite
Alfaini, L. (2022). PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN SANTRI DI TPQ DARUL KAROMAH MALANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 271-280. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1466