PERAN ORANG TUA DALAM PENGUATAN AKTIVITAS BERIBADAH ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Studi Kasus di Desa Mlaras Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang

  • Ika Zuharotul Ummah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Role of Parents, Children, Worship Activities

Abstract

The Covid-19 pandemic has had many impacts on several sectors of life, one of which is the education sector. The online school policy does not only have an impact on learning, but also on worship habituation activities that previously existed in schools being shifted to being at home. In this case, parents as the main educators in the family have a role in strengthening children's worship activities during the pandemic.The purposes of this study are: (1) To describe the role of fathers and mothers in strengthening children's worship activities during the Covid-19 pandemic, (2) To describe the steps taken by fathers and mothers when children disobey, (3) To describe the inhibiting factors faced by families in strengthening children's worship activities during the Covid-19 pandemic.This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation techniques. The data that has been obtained is then analyzed by steps, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data in this study used triangulation techniques and source triangulation techniques.The results showed that: (1) The Role of Parents in Strengthening Children's Worship Activities During the Covid-19 Pandemic, among others: a) As a motivator, b) As Uswah, c) As a facilitator, d) As a mentor; (2) Steps taken by parents when a child disobeys, among others: a) Be firm, b) Apply rules and consequences if the child violates, c) Ask the Teacher for Help to Advise; (3) Inhibiting factors in Strengthening Children's Worship Activities During the Covid-19 Pandemic, including: a) The influence of peers, b) The influence of gadgets, c) The child's mood fluctuates. Parents are expected to build good cooperation with teachers so that the habit of worship that previously existed at school can be carried out at home to the fullest.

Abstrak

Pandemi Covid-19 membawa banyak pengaruh bagi beberapa sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Kebijakan sekolah daring tidak hanya berdampak pada pembelajaran saja, namun pada kegiatan-kegiatan pembiasaan ibadah yang sebelumnya ada di sekolah dialihkan menjadi di rumah. Dalam hal ini, orang tua sebagai pendidik utama di keluarga memiliki peran dalam penguatan akativitas beribadah anak di masa pandemi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peran ayah dan ibu dalam penguatan aktivitas beribadah anak di masa pandemi Covid-19, (2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang yang diambil ayah dan ibu ketika anak tidak menurut, (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi keluarga dalam penguatan aktivitas beribadah anak di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Orang Tua dalam Penguatan Aktivitas Beribadah Anak Di Masa Pandemi Covid-19, antara lain: a) Sebagai motivator, b) Sebagai Uswah, c) Sebagai fasilitator, d) Sebagai mentor; (2) Langkah-langkah yang dilakukan orang tua ketika anak tidak menurut, antara lain: a) Bersikap tegas, b) Menerapkan aturan dan konsekuensi apabila anak melanggar, c) Meminta Bantuan Guru untuk Menasehati; (3) Faktor penghambat dalam Penguatan Aktivitas Beribadah Anak Di Masa Pandemi Covid-19, antara lain: a) Pengaruh teman sebaya, b) Pengaruh gadget, c) Mood anak yang naik turun. Orang tua diharapkan dapat membangun kerjasama yang baik dengan guru agar pembiasaan ibadah yang sebelumnya ada di sekolah dapat dilaksanakan di rumah secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Khoirul, Fiqh Ibadah (Yogyakarta: Phoenix Publisher, 2019)

Akhwani, and M. Afwan Romdloni, ‘Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Di SD’, 5.1 (2021), 1–12

Assauri, Manajemen Produksi Dan Operasi (Jakarta: FE UII, 2006)

Dalyono, M., Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005)

Erzad, Azizah Maulina, ‘Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga’, Jurnal IAIN Kudus, 5.2 (2017), 414–31

Fithriani, ‘Peranan Orang Tua Memberikan Motivasi Terhadap Prestasi Anak Dalam Keluarga’, Jurnal Intelektualita, 9.2 (2017), 1–13

Kasih, Ayunda Pininta, ‘5 Cara Menghadapi “Mood” Anak Yang Berubah-Ubah’ <https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/15/083946471/5-cara-menghadapi-mood-anak-yang-berubah-ubah?page=all> [accessed 5 April 2022]

‘KBBI Daring’ <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/peran> [accessed 22 March 2022]

——— <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/aktivitas> [accessed 22 March 2022]

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti, ‘Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Sinestesia, 10.1 (2020), 41–48

Khaulani, Fatma, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni, ‘Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.1 (2020), 51–59 <https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59>

Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat, ‘Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah’, Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15.2 (2020), 149–63

Lestari, Ika, Perkembangan Anak Usia SD (Jakarta: UNJ Press, 2018)

Lutfiyah, ‘Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak: Studi Ayat 13-19 Surat Luqman’, Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12.1 (2016), 127–50 <https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1472>

Misno, ‘Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Secara Islami’, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 4.7 (2015), 843–54

Muhadjir, Noeng, Sosiologi Pendidikan (Yogyakarta: Rike Sarasin, 1993)

Ningsih, Yulia Fitria, Fiqih Ibadah (Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021)

Rahman, Abdul, ‘Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi’, Jurnal Eksis, 8.1 (2012), 2053–59

Ristyawati, Aprista, ‘Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945’, Administrative Law and Governance Journal, 3.2 (2020), 240–49 <https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.240-249>

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka CIpta, 1995)

Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)

Suriadi, Mursidin, Kamil, and Adnan, ‘Pendidikan Agama Dalam Keluarga’, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15.1 (2019), 89–105 <https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.315>

Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti,

Herikurniawan Herikurniawan, and others, ‘Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7.1 (2020), 45–67 <https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415>

Umi, Latifah, ‘Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya’, Academia: Journal Od Multidiscipinary Studies, 1.2 (2017), 185–96

PlumX Metrics

Published
2022-07-04
How to Cite
Ummah, I. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM PENGUATAN AKTIVITAS BERIBADAH ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 161- 176. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i2.1483