STRATEGI GURU SKI DALAM MEMANFAATKAN PERAN TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA COVID-19 DI MAN 2 MALANG

  • Wildatul Khusna Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Peer Lesson

Abstract

The Covid-19 pandemic, which has an impact on learning activities in schools, has inspired this study. Teachers have changed virtual learning or distance learning, which is generally known to as online learning (in the network). Students are bored by online learning because the learning is still monotonous and there is no supervision. This may have an impact on the decline in student motivation. As a result, researchers attempted to explore how SKI teachers used strategies to improve student motivation in the Covid-19 era at MAN 2 Malang. The objectives of this study were to: (1) To describe SKI teachers' strategy in using peer roles to improve student learning motivation in the covid-19 era at MAN 2 Malang; and (2) To describe the factors that support and inhibit SKI teachers' strategy in using peer roles to improve student learning motivation in the covid-19 era at MAN 2 Malang. This study uses a qualitative research approach with a descriptive type. The researcher functions as the research instrument. Observation, interview, and documentation are the techniques used to obtain data. Data collection, data reduction, data presentation, and data verification are the techniques used in data analysis. The findings revealed that: 1) The SKI teacher's strategy for improving student learning motivation in the covid-19 era at MAN 2 Malang was an active learning strategy using the role of peers, applying the following steps: a) divide students into groups, b) assign each group a topic to study, c) ask each group to prepare learning strategies, d) make some suggestions (using visual aids, preparing media, giving examples, involving friends to ask questions), e) allow students time to prepare, f) material presentation, g) teacher giving conclusions and clarifying the results of the discussion, 2) The supporting factors of SKI teacher's strategy in improving student learning motivation in the covid-19 era at MAN 2 Malang are 2 factors, including: a) external factors (maintaining communication and cooperation between teachers and parents, providing motivation from teachers, students having phones and receiving quota subsidies), b) internal factors (fearing if they get bad grades). While there are two inhibiting factors: a) external (students are bored, they pay less attention to learning, and they have a low interest in reading), and b) internal (internet signal constraints, lack of supervision from parents).

 

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada kegiatan pembelajaran di sekolah, guru mengubah pembelajaran secara virtual atau pembelajaran jarak jauh yang biasa disebut dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring mengakibatkan peserta didik merasa jenuh karena pembelajaran yang dilakukan masih monoton dan tidak ada pengawasan dalam pembelajaran. Hal ini dapat mempengaruhi turunnya motivasi peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggali bagaimana strategi yang digunakan oleh guru SKI dalam meningkatkan motivasi siswa pada era covid-19 di MAN 2 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru SKI dalam memanfaatkan peran teman sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Era Covid-19 di MAN 2 Malang (2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat strategi guru SKI dalam memanfaatkan peran teman sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Era Covid-19 di MAN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan Guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada era covid-19 di MAN 2 Malang yaitu strategi pembelajaran aktif dengan memanfaatkan peran teman sebaya, dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:a) membagi siswa menjadi beberapa kelompok, b) setiap kelompok diberi tugas untuk mempelajari satu topik, c) meminta setiap kelompok menyiapkan strategi pembelajaran, d) membuat beberapa saran (menggunakan alat bantu visual, menyiapkan media, memberikan contoh, melibatkan teman untuk bertanya), e) memberi waktu siswa untuk persiapan, f) presentasi materi, g) guru memberi kesimpulan serta klarifikasi hasil diskusi. 2) Faktor pendukung strategi Guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada era covid-19 di MAN 2 Malang ada 2 faktor antara lain: a) faktor eksternal (terjaganya komunikasi dan kerjasama antara guru dan orang tua, pemberian motivasi dari guru, siswa mempunyai handphone dan mendapatkan subsidi kuota), b) faktor internal (merasa takut jika mendapatkan nilai jelek). Sedangkan faktor penghambat juga ada 2 faktor yaitu: a) eksternal (siswa merasa bosan, siswa kurang memperhatikan pembelajaran, minat baca rendah), b) internal (terkendala sinyal internet, kurangnya pengawasan dari orang tua).

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Masni, Harbeng. 2015. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol. 5. No. 1.

Sunhaji. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Senja.

Suprihatiningrum, Jamil. , 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zaini, Hisyam dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.

PlumX Metrics

Published
2022-09-19
How to Cite
Khusna, W. (2022). STRATEGI GURU SKI DALAM MEMANFAATKAN PERAN TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA COVID-19 DI MAN 2 MALANG. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 295-304. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1607