PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI DI MTSN 4 PASURUAN

  • Sari Salsabila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Media Pembelajaran SKI, Website Application, Hasil Belajar

Abstract

Media is one of the components of learning that has an important role in supporting learning success. With this role, the development of creating media for learning and the use of learning media is necessary to attract students' interest so that they are more enthusiastic about the learning process. If students are enthusiastic about the learning process, it will certainly impact their learning outcomes. The positive power and synergy of the media can bring learning in a more creative, innovative, and dynamic direction. The development of the website application or named Hikayaat is intended to increase student learning outcomes regarding SKI subjects, especially the material for the progress of Islamic civilization and culture during the Abbasid era. In the process of developing the Hikayaat using the ADDIE development model which has 5 stages; The first is needs analysis to find the right problem and solution. The second is designing learning media includes the preparation of guidebooks, making needs maps. The third is develop a website application-based learning media then validated to experts. The fourth is testing the learning media and distributing student response questionnaires, and the fifth is evaluate and improve website application-based learning media

 

Abstrak

Media merupakan satu dari sekian komponen pembelajaran yang perannya amat penting demi menunjang keberhasilan belajar. Kekuatan positif dan sinergi yang dimiliki media mampu membawa pembelajaran ke arah yang lebih kreatif, inovatif, dan dinamis. Dengan perannya tersebut, pengembangan dalam pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran menjadi sangat perlu untuk menarik minat siswa sehingga lebih antusias dalam proses belajar, jika siswa antusias tentunya akan berdampak pada hasil belajar mereka. Pembuatan aplikasi web atau yang diberi nama Hikayaat ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengenai mata pelajaran SKI khususnya pada materi kemajuan peradaban dan kebudayaan Islam masa daulah Abbasiyah. Dalam proses pengembangannya, media Hikayaat menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan; yang pertama menganalisis kebutuhan untuk menemukan masalah dan solusi yang tepat. Kedua, merancang media pembelajaran, menyusun buku pedoman, peta kebutuhan, dan rancangan. Ketiga, mengembangkan media pembelajaran berbasis website application kemudian divalidasikan kepada para ahli. Keempat, mengujicobakan media pembelajaran berbasis website application dan meyebarkan angket respon siswa, dan yang kelima adalah melakukan evaluasi serta perbaikan media pembelajaran berbasis website application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslan, dan Suhari. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pontianak: Razka Pustaka, 2018.

Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Hasan, Muhammad dkk. Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Grup, 2021.

Lubis, Dwi Muthia Ridha, dkk. Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Islamic Education, Vol. 1 No. 2, 2021.

Munari, Aip Suprapto, Muhammad Yusril Helmi Setyawan, dan M. Nurkamal Fauzan. Panduan Lengkap: Algoritma Haversine Formula pada Sistem Monitoring Mahasiswa Internship Berbasis GPS. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

Ramadhan, Ossi Marga dan Tarsono. Efektifitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui Google Classroom Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. JINOP, Vol. 6 No. 2, 2020.

Rasyid, Moh. Zaiful, Mustajab, dan Aminol Rosyid Abdullah. Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara, 2019.

Siagian, Nancy Florida dkk. Guru dan Perubahan: Peran Guru di Dunia Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Surabaya: Global Aksara Pers, 2021.

Susanto, Heri dan Helmi Akmal. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasin: Program Studi Pedidikan Sejarah, 2019.

PlumX Metrics

Published
2022-09-15
How to Cite
Salsabila, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI DI MTSN 4 PASURUAN. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 263-270. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1641